Sukses jadi Sociopreneur ala Mas Khodim Founder Borneo Cacao

Like

Usaha Lain untuk terus Berkembang dan Survive

Hal lain yang dilakukan oleh Borneo kakao selain menentukan Nisa perlakuan dan pasar khusus adalah antara lain

1. Terjun langsung

Agar pengembangan penanaman dan pengolahan kakao tidak hanya dikuasai secara teori, tetapi juga secara praktik, maka Muhammad Khodim memiliki kebun kakao sendiri yang digunakan untuk belajar sekaligus digunakan untuk uji coba. 
 

2. Terus melakukan pendampingan

Selain memberdayakan petani kakao Muhammad Khodim juga melakukan pendampingan kepada para petani kakao. Ini dimaksudkan agar para petani paham kakao yang disyaratkan oleh pembeli, baik pembeli dari dalam ataupun luar negeri.

Selain itu, pendampingan juga bermanfaat agar para petani kakao bisa menjawab langsung ketika ada pertanyaan-pertanyaan dari pengunjung luar negeri tersebut. 
 

3. Memanfaatkan teknologi

Teknologi-teknologi juga digunakan oleh Muhammad Khodim untuk mengolah tanaman kakao tersebut. Ini antara lain memanfaatkan teknologi untuk mengatasi perubahan iklim yang tidak bisa diprediksi. 

Baca Juga: Survive jadi Seorang Sociopreneur? Begini Caranya!
 

4. Zero waste

Kelebihan lain dari Borneo Cacao-nya Muhammad Khodim adalah adanya program zero waste, yaitu berusaha untuk tidak menghasilkan sampah dari proses produksi tersebut. Misalkan kulit kakao digunakan sebagai pupuk, dan sebagainya. 
 

5. Terus membuka jaringan pemasaran

Muhammad Khodim terus membuka jaringan untuk melakukan pemasaran kakaonya. Karena usahanya ini banyak dari industri coklat, terutama dari dalam negeri yang belum terpenuhi permintaan kakaonya.


 

Cuan Maksimal

Sementara ini, dengan perjuangannya, Muhammad Khodim bisa memperoleh omset hingga 19 miliar per tahun 
 

Manfaat Optimal

Selain Cuan maksimal, Borneo Cacao juga memberikan manfaat optimal ini antara lain seperti disebutkan di atas pemberdayaan dan pendampingan masyarakat. Selain itu, Pemerintah Daerah setempat juga sering memperoleh penghargaan karena pemanfaatan kakao tersebut. 















---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung