Paylater vs Pinjaman Online: Manakah yang Lebih Menguntungkan?

Paylater dan pinjaman online, kemudahan yang menjerat pengguna pada utang.  Sumber gambar pixabay.com

Paylater dan pinjaman online, kemudahan yang menjerat pengguna pada utang. Sumber gambar pixabay.com

Like
Apakah Be-emers salah satu penggila belanja? Jika, iya tentunya tidak asing dengan tagline “Belanja Sekarang Bayar Nanti." 
 
Di era digital seperti sekarang, platform e-commerce dan aplikasi finansial membuka pintu lebar-lebar bagi siapa saja yang ingin berbelanja meskipun tidak punya uang saat ini, karena bisa bayar nanti.
 
Surga belanja semakin menggila dengan berbagai kemudahan yang disediakan bagi konsumen untuk mendapatkan layanan keuangan. Seperti paylater dan pinjaman online. 
 
Namun, di balik kemudahan yang ditawarkan ada resiko mengancam. Tidak sedikit orang yang telah menjadi korban, terjebak dalam jeratan utang. Maka dari itu, kita harus pandai mengatur keuangan dan memanfaatkan kemudahan agar tidak terjebak utang. 
 
 

Apa Itu Paylater?

Paylater adalah layanan belanja yang disediakan e-commerce bagi pengguna untuk membeli barang atau jasa sekarang dan membayarnya kemudian. Layanan tersebut berbentuk cicilan dan tanpa kartu kredit. 
 

Keuntungan dan Kemudahan Paylater

  1. Proses Mudah dan Cepat, Cukup verifikasi kartu identitas untuk aktivasi, pengguna langsung bisa belanja.
  2. Bunga Rendah, Bunga yang ditawarkan paylater terbilang rendah dibandingkan dengan pinjaman online.
  3. Ideal untuk Pembelian Kecil. Paylater ideal untuk membeli barang atau jasa yang tidak terlalu mahal, seperti belanja kebutuhan sehari-hari atau barang elektronik kecil.

Risiko Paylater

Be-emers, di balik keuntungan paylater yang menggiurkan, ada risiko mengancam:
  1. Tanggal Jatuh Tempo Cepat, Dibandingkan pinjaman lain, paylater memiliki jangka waktu yang lebih singkat. Seperti 30 hari atau 3 bulan.
  2. Bunga Tersembunyi, Bunga yang terlihat cukup rendah tetapi jika pengguna terlambat, bunga dan denda bisa sangat tinggi.
  3. Godaan untuk Belanja Menggiurkan, Seiring dengan kemudahan, paylater juga sangat menggiurkan untuk dibelanjakan. Pada akhirnya pengguna tanpa sadar bisa belanja melebihi anggaran.
 

Apa Itu Pinjaman Online?

Pinjaman online adalah fasilitas pinjaman yang ditawarkan oleh perusahaan fintech yang memberikan dana tunai yang bisa dicairkan ke rekening pengguna. 
 
Sedikit berbeda dari paylater yang fokus pada pembelian langsung, pinjaman online lebih fleksibel karena dana dapat digunakan untuk berbagai keperluan karena bisa dicairkan. 
 

Keuntungan Pinjaman Online

  1. Jumlah Pinjaman Lebih Besar. Dibandingkan dengan paylater, biasanya pinjaman online menawarkan plafon yang lebih tinggi. 
  2. Berbagai Pilihan Tenor, Keuntungan lainnya adalah pengguna bisa memilih tenor dari beberapa bulan hingga tahun, tergantung kebijakan aplikasi.
  3. Fleksibilitas Penggunaan, Dana yang diterima bisa digunakan untuk kebutuhan apa pun, tidak terbatas pada satu platform.
 

Risiko Pinjaman Online

Sama seperti paylater, di balik keuntungan yang ditawarkan ada risikonya. 
  1. Bunga Tinggi, Timbal balik dari kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan pinjaman online memiliki bunga yang lebih tinggi dibandingkan layanan keuangan lain.
  2. Risiko Penyalahgunaan Data, Tidak sedikit data pribadi pengguna di salah gunakan. 
  3. Dampak Buruk pada Skor Kredit, Jika pembayaran tidak teratur, skor kredit dapat menurun, dan itu berdampak pada kemampuan memperoleh pinjaman di masa depan.