Paylater vs Pinjaman Online: Manakah yang Lebih Menguntungkan?

Like

Perbandingan Paylater dan Pinjaman Online

1. Tujuan Penggunaan

Paylater hanya untuk pembelian langsung di platform tertentu, sedangkan pinjaman online lebih fleksibel untuk berbagai keperluan dan kebutuhan. 
 

2. Bunga dan Biaya

Dari segi bunga dan biaya, paylater menawarkan bunga lebih rendah dibandingkan pinjaman online. Namun, harus diperhatikan penggunaan, jangan sampai melewati batas tempo karena bunga menjadi lebih tinggi.
 

3. Limit dan Plafon

Pinjaman online menawarkan jumlah pinjaman lebih besar daripada paylater.
 

4. Tenor Pembayaran

Tenor pinjaman online lebih fleksibel, bisa hingga beberapa tahun, sedangkan paylater biasanya terbatas dalam hitungan bulan.

Baca Juga: Kredit Bank vs Pinjaman Online: Mana yang Lebih Tepat untuk Situasi Keuangan Anda?


Tips Bijak Menggunakan Paylater dan Pinjaman Online

Be-emers, melihat berapa besarnya risiko, tentu disarankan untuk tidak menggunakan keduanya. Namun, jika tak ada jalan dan terpaksa menggunakan, berikut tips yang mungkin bisa digunakan:

1. Pahami Kebutuhan dan Kemampuan Finansial 

Belanja sesuai kebutuhan dan tahan diri untuk belanja keinginan di luar perhitungan keuangan. 
 

2. Perhatikan Suku Bunga

Jangan hanya melihat dari sisi kemudahannya saja, perhatikan pula risikonya. Seperti besarnya bunga dan denda. Meskipun bisa bayar nanti, tetapi ujung-ujungnya tetap harus dibayar juga. 
 

3. Batasi Penggunaan Paylater dan Pinjaman Online

Jika sudah terlanjur menggunakan layanan tersebut sebaiknya hindari mengambil lebih dari satu fasilitas pinjaman dalam satu waktu.
 

4. Cek Ketersediaan Dana untuk Pembayaran Cicilan

Sebelum memutuskan mengambil paylater atau pinjaman online, pastikan Be-emers sudah mempunyai perhitungan dana, sehingga bisa membayar tagihan tepat waktu. 


 

Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Paylater dan Pinjaman Online?

Tidak ada waktu yang tepat untuk menggunakan paylater atau pinjaman online. Karena keduanya bersifat racun dan mematikan.

Jika, bisa memilih pilihlah untuk tidak menggunakan. Karena siapapun pasti tidak ingin berada pada situasi sulit. 

Bagaimana Menghindari Jeratan Utang dari Paylater dan Pinjaman Online?
1. Jangan aktivasi kedua layanan
2. Batasi Limit dan Nominal Pinjaman

Jika terpaksa menggunakan, sebaiknya ambil limit paylater dan pinjaman online paling kecil untuk menghindari pembayaran besar. Begini, tips yang bisa kamu lakukan:

1. Gunakan untuk Kebutuhan Produktif
Gunakan paylater atau pinjaman online untuk hal produktif, misalnya modal usaha kecil atau investasi.
 

2. Cicilan Jangan Melebihi 30% Penghasilan

Cicilan paylater atau pinjaman online tidak melebihi 30?ri penghasilan bulanan agar tidak mengganggu keuangan.
 

3. Jangan Terjebak dalam Gaya Hidup Konsumtif

Hal yang paling penting yang harus diingat adalah kemudahan akses paylater dan pinjaman online memang menggoda untuk belanja, tetapi tetap harus kuat untuk tidak terbawa arus konsumtif. Karena ini sangat merugikan di jangka panjangnya. 
 

Kesimpulan: Mana yang Lebih Menguntungkan?

Kedua metode pembayaran tersebut menawarkan kemudahan dalam berbelanja. Namun keduanya juga memiliki risiko yang setara.

Jika tidak bisa bijak dan disiplin mengatur lebih baik jangan aktivasi layanannya atau jika nekat menggunakan, layanan ini cocok untuk belanja rutin dengan limit kecil. 

Pilihan terbaik kembali pada pengguna masing-masing. Maka, jadilah pengguna yang cerdas. Lihat dan perhitungkan kemampuan keuangan Be-emers. Agar kebiasaan belanja saat ini tidak mempengaruhi keamanan finansial di masa depan. 

#mon-fridaychallengeoktober








---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung