Perlukah Beri Diskon atau Promosi Kepada Pelanggan? Ini Hal yang Perlu Diperhatikan

Discount Illustration - Canva

Discount Illustration - Canva

Like

Diskon maupun promosi pastinya bukan hal yang asing lagi kan buat kamu, Be-emers? Berbagai diskon dan promosi sering banget ditemui di berbagai pusat perbelanjaan hingga online shop.

Potongan harga atau diskon, dikutip dari laman Time, pertama kali dilakukan oleh Coca-Cola lho, Be-emers. Tepatnya tahun 1887, Coca-Cola memberikan kupon diskon berupa pemberian produk minuman Coca-Cola secara gratis, hingga pemberian harga spesial sebesar lima cent.

Siapa sangka, kupon yang hanya ditulis tangan oleh sang Founder itu rupanya membawa Coca-Cola menjadi produk minuman yang paling mendominasi. Hingga tahun 1895, produk minuman bersoda itu sudah disajikan di setiap negara bagian di AS, bahkan kini di seluruh dunia.

Tren pemberian diskon, maupun promosi lainnya, juga dilakukan oleh sejumlah produk seperti sereal di tahun 90an. Hingga sekarang, pemberian diskon dan promosi terus dilakukan di berbagai produk usaha.

Lalu, seberapa penting sih pemberian diskon maupun promosi kepada pelanggan?
 

Manfaat & Pengaruh Diskon atau Promosi

Hal pertama yang paling berpengaruh dari adanya promosi produk adalah daya tarik pelanggan. Sudah bisa dipastikan, promosi akan memikat para pelanggan nih, Be-emers.


Coba, kalau kamu mau beli makanan atau pakaian di mall atau online shop, pasti kamu akan lebih mempertimbangkan dan memprioritaskan produk yang sedang promo kan?

Bahkan dalam penelitian This apple is too ugly for me!: Consumer preferences for suboptimal food products in the supermarket and at home, dikatakan kalau diskon dapat membantu menjual sebagian besar produk yang menunjukkan cacat lho!

Enggak cuma itu, berdasarkan survei Investigating Consumers’ Perception of Discounted Suboptimal Products at Retail Stores, ketika ditanya tentang diskon untuk produk yang hampir expired, 65,6 persen responden menyatakan tertarik untuk tetap membelinya.

Jadi, bisa disimpulkan kalau diskon bisa mempengaruhi pola konsumsi para pelanggan nih. Produk yang kualitasnya enggak terlalu bagus aja bisa laku kalau ada diskon, apalagi yang berkualitas, ya kan?

Selain itu, dengan memberikan promosi seperti diskon, penjualan produk kamu bisa lebih meningkat nih. Dengan banyak pelanggan yang tertarik untuk membeli, produk kamu juga akan terkenal dan makin laku.

Promosi juga bisa membantu kamu untuk menghabiskan stok produk yang sudah lama. Punya batas masa penyimpanan, produk lama yang didiskon ini akan lebih bermanfaat jika dijual dengan promosi berupa potongan harga maupun bonus seperti buy one get one.