Perlukah Beri Diskon atau Promosi Kepada Pelanggan? Ini Hal yang Perlu Diperhatikan

Like

Discount Illustration - Canva

Discount Illustration - Canva


Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Memberi Diskon

Pertama, kamu harus tentukan dulu jenis produk yang ingin kamu prioritaskan untuk mendapatkan promo atau diskon. Misalnya, kamu bisa memberikan diskon untuk produk yang kurang laku, stoknya masih sangat banyak, hingga produk terbaru sebagai pengenalan.

Selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan sejumlah momen untuk melakukan promosi produk. Di Indonesia, ada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang diadakan setiap tanggal 12 Desember (12.12).

Momen tersebut biasanya digunakan untuk melakukan serangkaian promosi dan kerap ditunggu-tunggu para pelanggan. Sudah pasti, produk yang dijual di hari itu akan mendapat perhatian dari banyak konsumen.

Kamu juga bisa memanfaatkan momen lainnya seperti tanggal cantik, hari raya, 17 Agustusan, tahun ajaran baru, dan momen ulang tahun atau anniversary produk kamu. Be-emers juga bisa nih memberikan potongan harga atau promosi berupa gratis ongkos kirim atau giveaway produk biar makin ramai peminat.

Selain itu, dikutip dari laman GoBiz, terdapat beberapa jenis diskon seperti:
  • Diskon member, yakni potongan harga yang khusus diberikan untuk para pelanggan setianya.
  • Diskon plus, yaitu diskon dengan syarat tertentu. Contohnya, diskon 20 persen + 30 persen. Potongan harga yang dimaksud bukan sejumlah 50 persen, melainkan potongan dilakukan sebanyak dua kali.
  • Diskon up to, yang merupakan potongan harga hingga mencapai nominal tertentu dan lebih beragam. Misalnya, up to 50 persen, maka tidak semua produk yang ditawarkan mendapat potongan setengah harga.
Sudah kepikiran mau kasih diskon atau promosi apa untuk produk bisnismu, Be-emers?