Milenial Ikut Lelang Online? Perhatikan Hal Ini Sebelum Ikutan

Like

Online Auction Illustration - Canva

Online Auction Illustration - Canva

Siapkan Budget

Mengikuti lelang, artinya kamu sudah harus siap secara finansial. Dengan kata lain, kamu sudah menyiapkan budget untuk membeli produk di pasar lelang.

Soalnya, barang yang dibeli melalui lelang harus segera dibayar, paling lambat 3 hari kerja setelah harga lelang deal. Kamu juga enggak bisa melakukan pembayaran dengan cicilan.

Pokoknya, kamu harus bayar secara tunai atau kontan. Tidak boleh kurang atau lebih, sesuai dengan harga lelang yang sudah disepakati.

Jika kamu enggak bisa melunasi pembayaran, status kamu sebagai pembeli bakal dibatalkan oleh pejabat lelang. Enggak cuma itu, uang jaminan kamu pun bisa hangus!

Meski begitu, kalau kamu ikut lelang yang diadakan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), kamu masih bisa dapat dispensasi untuk objek lelang yang harganya sangat tinggi. Ketentuan dispensasi tersebut juga harus dicantumkan di dalam pengumuman lelang.
 

Mencegah Penipuan Lelang Online

Seperti yang dikatakan di awal, e-commerce juga kerap kali melakukan lelang daring. Salah satunya platform digital asal Amerika Serikat, eBay, yang menyediakan lelang online melalui “eBay Auction”.


Selain itu, kamu bisa melakukan lelang online melalui lelang.go.id (DJKN), Pegadaian, Bank BTN (untuk pembelian rumah lelang), balai lelang IBID, dan sebagainya.

Namun, sejumlah website atau platform yang menawarkan lelang online juga banyak. Enggak jarang, ada yang justru mengambil kesempatan ini untuk melakukan penipuan.

Makanya, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah cek kembali akun atau platform lelang tersebut kredibel atau tidak. Selain itu, jangan mudah termakan bujuk rayu penawaran yang seolah-olah menjanjikan akan memenangkan lelang.

DJKN menyebutkan kalau tawaran lelang hanya bentuk dari pengumuman lelang. Pihak lelang tidak bisa menjamin siapa yang akan menang, karena hal itu tergantung dari siapa yang berhasil mendapatkan harga ideal dalam lelang.

Kamu juga perlu meneliti kembali barang yang dijual melalui lelang. Pastikan barang tersebut bukanlah barang curian, bersertifikat, atau bukan barang sengketa.

Selain itu, jangan mudah tergiur harga murah ya. Soalnya, perlu kamu ketahui nih, barang lelang itu punya nilai limit yang sudah ditentukan oleh penjual.

Jangan lupa juga, cek kembali akun rekening penyedia jasa lelang dan prosedur lelang yang berlaku. Ketelitian sebelum membeli bakal menyelamatkan kamu dari modus penipuan lelang online.