Ingin Tahu Cara Gojek Grab Mendapatkan Keuntungan? Yuk Simak Ulasannya

Cara Gojek Grab mendapatkan keuntungan (Format: pixabay.com)

Cara Gojek Grab mendapatkan keuntungan (Format: pixabay.com)

Like

Jasa transportasi online seperti Gojek dan Grab merupakan salah satu model transportasi yang paling banyak digandrungi masyarakat. Selain karena mudah, transportasi online juga menawarkan harga miring bagi para pelanggannya. 

Karena banyaknya pengguna dari aplikasi tersebut, banyak orang yang mulai bertanya bagaimana cara gojek grab mendapatkan keuntungan. Jika kamu penasaran, yuk simak ulasannya disini. 


Pendapatan dari Investor 

Salah satu tombak utama sebuah perusahaan Gojek dan Grab adalah seorang investor. Sebagai sebagai sumber dana, investor juga secara tidak langsung memberikan penghasilan untuk perusahaan ojek online. 

Dengan menggunakan dana tersebut, setidaknya perusahaan transportasi online bisa menutup biaya operasional di awal perintisannya. Sumber pendapatan dari investor ini memang sangat penting untuk membangun infrastruktur di berbagai layanan yang akan dibangun. 

Biaya operasional adalah salah satu biaya yang paling banyak dibutuhkan, seperti iklan yang bertujuan untuk promosi ke masyarakat luas. Cara kerjanya hampir sama dengan Facebook, Instagram atau Google yang memberikan layanan gratis pada penggunaannya. 


Penghasilan dari Pelayanan Jasa 

Cara Gojek Grab mendapatkan keuntungan yang paling jelas bisa dilihat adalah penghasilan dari pelayanan jasa yang diberikan. Menurut Kumparan total driver kurang lebih Rp4.000.000 orang setiap harinya di seluruh Indonesia.


Dalam satu hari perusahaan transportasi online ini bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp4 miliar. Namun juga perlu digaris bawahi jika grab dan gojek ini juga akan mengalami kerugian hingga Rp2 miliar setiap harinya. 

Pasalnya perusahaan tersebut akan menawarkan bonus setiap waktunya kepada para pelanggan. Namun artinya mereka akan mengalami kerugian yang terus berlanjut karena selalu menawarkan diskon besar besaran. 

Sebaliknya jika perusahaan tersebut tidak menawarkan bonus dan biaya operasional secara intensif, maka biaya perusahaan tidak terlalu besar. Sehingga bisa disimpulkan jika pendapatan utama dari gojek tidak hanya pada penyediaan jasa layanan saja. 


Penghasilan Media Periklanan 

Selain digunakan untuk jasa transportasi, perusahaan Gojek dan Grab ini juga memanfaatkan bisnis sebagai media periklanan. Cara Gojek Grab mendapatkan keuntungan dengan iklan ini adalah dengan bekerja sama dengan beberapa brand lain untuk memasang iklan. 

Semakin banyak orang yang menggunakan aplikasi gojek dan grab, maka semakin banyak pula potensi penghasilan yang didapatkan dari media. Berbagai perusahaan pun akan mulai kepincut untuk beriklan di platform Gojek ataupun Grab karena traffic yang ditawarkan. 

Dengan jumlah pengguna yang banyak, maka semakin banyak pula perusahaan yang memasang iklan. Sehingga akan membantu perusahaan seperti Gojek dan Grab untuk bisa bertahan di tengah kerugian yang dihadapi setiap harinya. 


Pendapatan dan Kerja Sama dengan Jasa Penyedia Komunikasi 

Seperti yang diketahui seorang driver gojek online tentu akan membutuhkan paket data untuk menerima orderan dan melakukan aktivitas internet lainnya. Dengan begitu banyak juga yang akan menggunakan paket internet. 

Kondisi seperti ini tentu adalah cara Gojek grab mendapatkan keuntungan dengan perusahaan penyedia komunikasi tersebut. Di satu sisi perusahaan Gojek atau Grab mendapatkan ekstra diskon, sedangkan di sisi lain banyak orang yang menggunakan layanan dari penyedia komunikasi. 

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah pemasukan perusahaan Gojek atau Grab ini adalah dengan melakukan kerja sama. Mitra yang melakukan kerja sama dengan grab atau Gojek akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar. 

Sehingga mereka rela untuk merogoh kocek yang dalam agar bisa menarik pelanggan menggunakan jasa yang ditawarkan. Dalam membangun sebuah usaha, kamu akan membutuhkan ketekunan dan ketelatenan lebih dibandingkan biasanya. 

Nah, sudah terjawab ya pertanyaan teman-teman? Jangan lupa simak berbagai informasi seputar bisnis dan startup lainnya di Bisnis Muda, ya!

Simak juga: Ide Bisnismu Sudah Diambil? Simak Cara Berpikir Nadiem Makarim