SR013 Akan Terbit, Kenali Dulu Yuk Apa itu Sukuk dan Keunggulannya

Syariah Illustration - Canva

Syariah Illustration - Canva

Like

Sukuk ritel seri SR013 diketahui bakal segera diterbitkan sama pemerintah nih, Be-emers. Rencananya, dikutip dari Bisnis.com, pemerintah akan mulai menawarkan SR013 ini pada akhir Agustus hingga akhir September 2020.

SR013 ini bisa diperdagangkan dengan tenor 3 tahun. Selain itu, masih sama dengan sukuk ritel sebelumnya, tingkat imbalan SR013 tetap dengan minimal pemesanan Rp1 juta.

Merupakan salah satu jenis surat berharga negara, lalu sebenarnya apa sih sukuk itu? Apa keunggulan sukuk dibanding surat utang lainnya?
 

Karakteristik Sukuk Ritel

Tahun 2002, PT Indosat untuk pertama kalinya menerbitkan sukuk atau surat berharga berbasis syariah. Enam tahun kemudian, dikutip dari laman Kemenkeu, sukuk pun diterbitkan oleh negara.

Sukuk yang diterbitkan negara tersedia dalam bentuk sukuk ritel, yang ditujukan buat investor di pasar perdana. Dilansir dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sukuk ritel merupakan surat berharga syariah yang diterbitkan dan penjualannya diatur sama negara melalui Kementerian Keuangan.

Dikelola berdasarkan prinsip syariah, Sukuk Ritel ini enggak mengandung unsur judi, gharar (ketidakjelasan), serta riba. Penerbitannya juga menggunakan struktur akad ijarah.


Adapun, yang dimaksud dengan akad Ijarah yakni pemindahan hak guna atau suatu barang dalam waktu tertentu dengan pembayaran sewa tanpa diikuti pemindahan kepemilikan. Hal itu juga dikenal dengan istilah asset to be leased.

Nah, dari transaksi Ijarah itu lah, investor berhak buat menerima uang sewa atau imbal hasil (ujirah). Bukan berupa kupon bunga seperti ORI atau SBR, Sukuk Ritel memberikan imbal hasil yang berasal dari keuntungan hasil investasi.
 

Keunggulan Sukuk Ritel

Sama halnya kayak surat berharga lainnya, tingkat imbal hasil Sukuk Ritel lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito. Nah, imbal hasil dari Sukuk Ritel ini dibayarkan dalam jumlah tetap setiap bulan selama jangka waktu yang berlaku.

Jadi, kamu enggak perlu menunggu sampai jangka waktu atau tenor dari Sukuk Ritel ini berakhir deh. Selain itu, Sukuk Ritel dapat dijual sewaktu-waktu di pasar sekunder lho.

Nggak cuma itu, keunggulan lain dari Sukuk Ritel ini minim risiko, karena pokok dan imbalannya dijamin negara. Dilansir dari laman Mandiri Sekuritas, Sukuk Ritel juga dinilai lebih unggul sebab terjamin halal, terjangkau, dan mudah dibeli.