Welcome to The Club! CEO Apple Tim Cook Akhirnya Resmi Jadi Miliarder

Tim Cook - Image: Twitter @tim_cook

Tim Cook - Image: Twitter @tim_cook

Like

Setelah 9 tahun menjabat sebagai boss Apple, Tim Cook akhirnya resmi masuk dalam jajaran miliarder dunia nih! Berdasarkan Bloomberg Billionaires Index, kekayaan pria berusia 59 tahun ini telah mencapai lebih dari US$1 miliar.

Hal itu terdiri dari gajinya di Apple, saham yang dia punya, serta hasil penjualan sahamnya. Selain itu, kekayaan Cook juga berasal dari bentuk kompensasi lain.

Di sisi lain, dikutip dari laman CNN, kekayaan Cook bertambah seiring saham Apple yang melonjak, hingga nyaris mencapai US$2 triliun pekan lalu. Meski begitu, Cook hanya punya 0,02 persen saham Apple.

Sepanjang tahun 2020 ini, dari data Refinitiv, saham Apple sudah melonjak hingga 54 persen. Adapun, kapitalisasi pasar perusahaan teknologi terbesar di dunia itu saat ini diketahui mencapai sekitar US$1,9 triliun.

Sementara itu, pria bernama lengkap Timothy Donald Cook itu juga merupakan dewan direksi Nike lho, Be-emers. Nah, dengan masuknya Tim Cook ke dalam klub miliarder dunia, itu artinya ia akan dikenakan pajak lebih dari 50 persen sebagai orang berpenghasilan kelas atas.
 

Tim Cook dan Apple

Layaknya Facebook dengan Mark Zuckerberg, image Apple juga tak bisa lepas dari sosok Steve Jobs sebagai sang pendiri. Namun pada tahun 2011, setelah kematian sang Founder, nama Tim Cook kemudian jadi perbincangan.


Kala itu, Cook resmi diangkat menjadi CEO perusahaan teknologi yang terkenal dengan produk premiumnya itu. Adapun, Cook sudah menjadi bagian dari Apple sejak tahun 1998.

Sebelumnya, Tim Cook pernah menjabat sebagai chief operating officer dan executive vice president of worldwide sales and operations. Selama menjabat sebagai orang nomor 1 di Apple, Cook telah mengembangkan sejumlah produk mutakhir seperti iPhone X dan Apple Watch, beserta layanan Apple Music.

Dikutip dari BBC, di tahun 2015, Cook berjanji buat memberikan sebagian besar kekayaannya untuk amal. Cook juga diketahui telah menyumbangkan saham Apple senilai jutaan dolar AS lho, Be-emers. Salut!