Pekerjaan yang Cocok Untuk Penulis, Sudah Coba?

Pekerjaan yang cocok untuk penulis

Pekerjaan yang cocok untuk penulis

Like

Dilansir dari Kompas bahwa menabung pada saat sedang dalam masa pandemi dapat mengurangi pengeluaran yang kita keluarkan. Gimana ya jika memang kebutuhanmu banyak dan sulit untuk menabung? 

Jalan satu-satunya adalah mencari sumber penghasilan lainnya. Salah satunya menjadi seorang penulis lepas. Terlepas dari kata hobi, menulis memiliki banyak manfaat, kok!

Ada banyak tujuan ketika seseorang menulis mulai dari untuk menghilangkan beban hingga berbagi pengetahuan kepada orang lain. Menulis juga membuatmu semakin teliti dan menambah wawasan. Saat menulis, kamu pasti harus membaca terlebih dahulu. 

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, penulis juga bisa dijadikan sebagai pekerjaan. Menulis tidaklah mudah. Namun, jika tertarik untuk mencobanya, kamu bisa memilih pekerjaan yang cocok untuk penulis berikut ini.


Penulis Kreatif

Jika kamu lebih suka mengasah kreativitas maka pekerjaan yang bisa dicoba adalah penulis kreatif. Tipe penulis ini dinilai paling menarik dibandingkan penulisan profesional.

Dengan memilih pekerjaan ini maka kamu bisa melakukan banyak inovasi dan lebih bebas dalam menyusun penulisan. Tentunya bidang ini sangat berbeda dengan penulisan yang didasarkan pada fakta dan data.


Penulis kreatif bisa menuangkan opini dalam penulisannya secara subyektif. Biasanya hasil dari penulisan ini dimuat di majalah, koran maupun portal portal besar.


Penulis Bidang Akademik

Berbeda dengan pekerjaan sebelumnya, penulisan di bidang ini dinilai lebih cepat berkembang karena berdasarkan pada riset dan ide dalam dunia sains. Dengan demikian, penulisan bersifat original dan lebih mudah dipahami.

Pekerjaan yang cocok untuk penulis ini bisa dilakukan secara online dan sangat cocok untuk kamu yang tertarik menjadi freelancer. Saat ini  tersedia banyak lowongan pekerjaan penulis bidang akademis yang bisa kamu coba.

Namun perlu diketahui jika penulisan seperti ini harus mengikuti format yang telah ditentukan. Beberapa tugas dari pekerjaan ini diantaranya mengumpulkan data dari jurnal dan buku teks serta membuat laporan yang lengkap.


Technical Writer

Bagi kamu yang mudah memahami istilah istilah teknis yang cukup kompleks, tidak ada salahnya jika mencoba menjadi Technical Writer. Tugas dari pekerjaan ini biasanya membangun manual software, spesifikasi teknis serta dokumentasi kompleks. 

Umumnya pekerjaan satu ini sangat berkaitan dalam bisnis software developer maupun profesi engineer yang lain. Oleh sebab itu, kamu perlu memiliki skill interpersonal yang baik.

Jika melihat peluang di masa depan, pekerjaan yang cocok untuk penulis ini diperkirakan memiliki pertumbuhan yang sangat baik. Bahkan kisaran gaji yang diperoleh bisa lebih dari Rp 130 juta. 


Penulis Bidang Bisnis

Penulis bidang bisnis melakukan beberapa pekerjaan seperti penulisan email, pembuatan memo maupun pengumuman hingga proposal perencanaan usaha. Selain itu, pekerjaan ini juga meliputi penyusunan proposal proyek, laporan proyek, UX Writing untuk website dan marketing campaign atau copywriting. 

Bagi kamu yang memiliki keahlian di bidang ini tidak ada salahnya untuk mencoba. Lowongan pekerjaan penulis di bidang bisnis selalu dibuka setiap tahunnya terutama di perusahaan digital startup. 

Menggeluti pekerjaan menulis memang harus disesuaikan dengan keahlian yang kamu miliki. Pertimbangan ini tentu akan mempermudah dalam mengerjakan tugas dari masing masing bidang.

Kamu bisa mencari lowongan pekerjaan tersebut dengan mudah melalui sosial media maupun aplikasi lowongan kerja. Jika dengan waktu kerja yang lebih fleksibel, kamu bisa mencari lowongan di situs freelance. 

Meskipun pekerjaan menulis menjadi hal yang kamu sukai sejak lama, namun kamu juga tetap harus mengasah kemampuan agar lebih bisa berkembang. Semangat untuk terus berlatih dan mengasah kemampuan yang kamu memiliki, yah! 

Baca Juga: Sebelum Monetisasi Blog, Yuk Pahami 10 Tips Membuat Artikel yang Baik!