Apa Manfaat Networking untuk Bisnis? Benarkah Berguna Untuk Bisnis?

Apa manfaat networking untuk bisnis (Format: pixabay.com)

Apa manfaat networking untuk bisnis (Format: pixabay.com)

Like

Memilih untuk berbisnis berarti kamu perlu mempelajari kegiatan penting yang akan membuatnya semakin berkembang. Salah satu hal pokok dalam bisnis adalah menjalin relasi.

Dilansir dari Bisnis.com mengatakan bahwa di dalam dunia bisnis sangatlah dibutuhkan partner dari bisnis sejenis. Semakin mempunyai banyak kenalan, maka semakin besar peluang untuk menjadikan bisnis semakin besar. Inilah yang disebut networking.

Berdasarkan pernyataan beberapa ahli bisnis, tingkat kepentingan networking bisa lebih dari 60 persen. Hal ini bisa dilihat jika semakin besar sebuah usaha maka akan semakin luas pula jaringan relasinya.

Oleh karena itu, agar target bisnis kamu lebih mudah tercapai maka networking menjadi hal yang diperlukan. Berikut apa manfaat networking untuk bisnis yang perlu diketahui.


Mempermudah Kolaborasi

Berdasarkan pernyataan Head of Expertise Group Finance PPM Management Yanuar Adrianto, menjalin relasi dalam sebuah bisnis penting untuk mempermudah kolaborasi. Adanya kolaborasi akan membuat bisnis menjadi lebih kuat.

Karena networking juga meliputi kerja sama dengan orang lain sehingga bisa ditujukan untuk kolaborasi. Contoh mudahnya adalah kolaborasi yang dilakukan oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dan PT Astra Otoparts Tbk.


Dengan menjalin relasi yang solid maka akan membuat bisnis yang kamu jalankan semakin kuat. Mengingat biasanya networking akan membuat sebuah bisnis akan semakin terkenal di kalangan konsumen. 


Meningkatkan Profil Bisnis

Keuntungan kedua dari networking yaitu dapat meningkatkan profit dari bisnis yang kamu jalankan. Dengan memiliki partner bisnis yang semakin luas, maka kualitas bisnis akan semakin luas dan melebar lewat berbagai komunikasi.

Jadi, apa manfaat networking untuk bisnis?  Tentu, ini sangat baik untuk promosi dan membangun brand dari bisnis tersebut.

Sebagaimana contohnya kolaborasi dalam peluncuran layanan Motoquick. Dengan demikian, kedua brand bisa saling mendapatkan keuntungan.

Oleh karena itu, kolaborasi dua perusahaan startup bisa membantu dalam meningkatkan profil bisnis. Tentunya akan lebih baik lagi jika kamu menjalin relasi dengan bisnis yang sudah cukup besar.
 

Memudahkan Inovasi Produk

Para entrepreneur sukses tentu akan menjalin relasi untuk memudahkan dalam inovasi produk. Hal ini dikarenakan networking akan memudahkan analisa data.

Misalnya ketika kamu memiliki mitra di agen pemasaran memperoleh pengumpulan data yang dilakukan oleh para pebisnis. Oleh karena itu, apa manfaat networking untuk bisnis yaitu dapat meningkatkan kesempatan bisnis yang diperoleh.

Adapun dasar dari membangun networking adalah menambah kenalan. Semakin banyak partner maka akan semakin banyak peluang bisnis baru yang bisa kamu coba.

Hal ini dikarenakan partner akan merekomendasikan kamu kepada orang lain. Sudah banyak yang membuktikan jika peluang bisnis lebih sering datang dari teman bisnis kamu.


Kesempatan Bisnis Semakin Lebar

Dari beberapa manfaat network seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bisa disimpulkan jika menjalin relasi bisa membuat bisnis berkembang. Berbagai persoalan dalam bisnis bisa tertangani dengan baik. 

Mengapa demikian? Saat berada dalam satu komunitas dengan niche yang sama tentu membuatmu dapat menerima berbagai saran dan pengalaman banyak orang. 

Dengan begitu, kamu tidak perlu membuat kesalahan yang sama. Kamu lebih bisa mengantisipasi dan belajar lebih maksimal lagi mengembangkan bisnismu.


Platform Untuk Mengembangkan Bisnis  

Di era digital seperti saat ini, menjalin relasi dapat dilakukan dengan mudah. Kamu bisa memanfaatkan beberapa media sosial seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, maupun akun sosial yang lain.
 
Sebelum mengembangkan produkmu dengan platform  seperti itu, maksimalkan kontenmu terlebih dahulu. Supaya ketika orang melihat bisnismu, mereka dapat percaya dengan pesan yang kamu sampaikan. 

Nah ini dia tips yang sangat direkomendasikan untuk kamu para pemilik startup ataupun bisnis-bisnis kecil seperti UMKM. Selain penting untuk bisnis, bergabung dengan komunitas tentunya membuat kamu bisa lebih mampu menebak trend dalam masyarakat. 

Baca Juga: 6 Management Skill yang Harus Dimiliki Seorang Pengusaha dan Pendiri Startup