Ingin Menjadi Orang Yang Efektif? Ini Tipsnya

7 highly effective people

7 highly effective people

Like

Mungkin banyak dari antara kamu yang ingin mengelola kehidupan dan keuangan secara efektif. Nah, pada artikel ini akan dibahas bagaimana caranya menjadi orang-orang yang efektif menurut Stephen R. Covey. Bagaimana caranya? Yuk, simak tips berikut ini yang ada di dalam buku 7 highly effective people!

Bersikap Proaktif.

Bersikap proaktif bukan hanya soal berani mengambil inisiatif, tetapi berani bertanggung jawab dan berani menentukan arah hidup kamu.

Kondisi ini adalah saat dimana kita tidak akan menyalahkan orang lain atas kondisi yang kita alami sekarang, Tetapi mengubah kondisi itu menjadi lebih baik.

Ingat apa kata Bill Gates bahwa terlahir miskin mungkin sesuatu yang tidak bisa diubah, namun menjadi miskin seumur hidup adalah kesalahan yang kamu buat sendiri. 

Nah, ciri-ciri orang proaktif adalah: selalu menggunakan kata saya bisa, saya mau, dan saya akan berusaha.

Merujuk Pada Tujuan.

Merujuk kepada tujuan berarti kita menetapkan apa yang menjadi tujuan kita dan dan mengatur Bagaimana perencanaan dan strateginya kemudian bergerak sesuai rencana untuk mencapai tujuan.

Hidup itu harus memiliki tujuan dan beberapa planing cadangan lainnya. Maka, itu milikilah timeline dalam kehidupan kamu. Jadi, kamu tidak perlu menyesal di akhir. Karena kamu tahu bahwa kamu sudah berusaha untuk mencapainya!

Prioritaskan yang Utama.

Ketika kita dihadapkan dengan banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu yang terbatas, yang harus dilakukan adalah membuat prioritas.


Tentukan mana pekerjaan yang harus diselesaikan segera dan mana yang bisa ditunda. Selesaikanlah pekerjaan yang harus diselesaikan segera.

Pada buku ini kita diajarkan untuk membaginya menjadi 4 kuadran, intinya kamu diajarkan untuk melakukan apa yang sangat penting dan mendelegasikan pekerjaan penting lainnya menurutmu kepada orang yang bisa kamu percaya. 
 

Berpikir Kemenangan Bersama.

Ini bukanlah ilmu yang dapat dipelajari secara singkat karena berpikir kemenangan bersama didasarkan pada karakter seseorang dalam berinteraksi dan berkolaborasi.  Seseorang yang yang berpikir kemenangan bersama memiliki ciri; integritas, kedewasaan, dan pemikiran yang luas. 

Dewasa tidak dipandang lewat umur, kamu bisa saja memiliki kreativitas yang tinggi. Namun, kamu tetap membutuhkan tim untuk membuat usahamu berjalan dengan baik. Pikirkan apa yang penting dan perlu, lupakan hal negatif. 


Memahami Sebelum Dipahami.

Untuk memahami orang lain, kita dapat melakukan interaksi dengan mereka, mengamati mereka, dan berusaha menjadi pendengar yang baik.

Ini dia salah satu alasan mengapa mendengar lebih baik dari pada banyak berbicara. Hidup bukan tentang dirimu saja, jadi coba dengarkan terlebih dahulu kisah setiap orang supaya kamu dapat berinterkasi dengan lebih relevan. 

 
Wujudkan Sinergi.

Sinergi berarti mencari cara ketiga yang lebih baik dari cara kita masing-masing. Sinergi bisa berarti memanfaatkan perbedaan-perbedaan yang ada Untuk mengatasi masalah dan mendapatkan peluang.

Ingat bersinergi untuk membangun yang baik selalu membutuhkan proses yang panjang. Untuk itu latih diri sedini mungkin menjadi seorang yang berpikir panjang sebelum bertindak atau memutuskan sesuatu. 


Mengasah Gergaji.

Gergaji diasah karena tajam titik gergaji melambangkan kemampuan kita dan pengasahan adalah pelatihan agar kemampuan kita semakin berkembang.

Seperti gergaji, kemampuan sosial, mental, spritual, dan fisik  harus kita maksimalkan agar kita menjadi orang yang yang efektif. Menjadi orang yang efektif bukan berarti kamu akan menghindari kegagalan dalam kehidupan kamu. 

Gagal adalah bagian daripada proses untuk membimbing kamu menemukan pola yang efektif. Seseorang jika terbiasa melakukan sesuatu, ia akan terlatih dan menjadi seroang yang handal dalam bidang yang ia tekuni. Untuk itu jika kamu menyukai suatu hal, lakukan, tekuni, dan jangan menyerah!

Menjadi orang yang efektif mungkin merupakan sebuah kesulitan tersendiri. Namun, kesulitan ini juga adalah tantangan tersendiri. Apakah kita mau memiliki masa depan yang lebih baik atau tidak?

Sebuah kesuksesan, pasti dimulai dari sebuah pengorbanan besar. Maka itu, korbankanlah kebiasaan-kebiasaan buruk kita, menjadi kebiasaan yang baik agar menjadi orang-orang yang efektif! 

Simak juga: Model Bisnis Media Online, Yuk Bloggers!