Food Vlogger, Bagaimana sih Peran dan Etikanya?

Like

Etika Food Vlogger

Pada dasarnya, tujuan utama food vlogger adalah memberikan informasi kepada konsumen untuk mendapatkan makanan sesuai selera dan ekspektasi.

Sehingga ulasan tersebut memiliki kekuatan mempengaruhi keputusan konsumen. Namun, ulasan yang disampaikan tidak boleh sembarangan dan harus dapat dipertanggungjawabkan. 

Ada beberapa etika yang harus dijunjung agar food vlogger tetap profesional dan dihormati audiens serta pemilik usaha, yaitu sebagai berikut:
  1. Bersikap objektif, jujur dan benar
  2. Menggunakan gays bahasa santun
  3. Ulasan bersifat profesional dan netral
  4. Menghindari sensasi dan kontroversi
  5. Menghormati Pemilik Usaha dan Karyawan
  6. Memahami dampak ulasannya
  7. Memberikan kesempatan klarifikasi pada pemilik usaha


Sikap Bijak Pemilik Usaha Ketika Mendapatkan Ulasan Buruk

Siapapun akan merasa terkejut, jika mengetahui usahanya mendapatkan ulasan buruk dari vlogger. Terlebih pemilik usaha tersebut merasa tidak mengetahui siapa vlogger bersangkutan dan bagaimana tiba-tiba bisa memberikan ulasan terhadap usaha miliknya.

Untuk mengatasinya ada beberapa langkah bijak yang bisa dilakukan:

1. Tenang adalah kunci solusi

Tenang adalah kunci mendapatkan solusi. Alih-alih emosi, pemilik usaha harus tetap tenang sehingga dapat berpikir jernih. Sehingga menemukan solusi tepat menghadapi situasi darurat. 
 

2. Mengamati ulasan dan kritikan

Langkah selanjutnya adalah mengamati dan memahami inti dari ulasan dan kritikan yang dilontarkan. Apakah kritikan tersebut memiliki dasar atau hanya sekadar sensasi vlogger itu sendiri? 


Baca Juga: 5 Cara Bijak Menghadapi Review Buruk dari Food Vlogger, Jangan Marah Dulu ya!
 

3. Klarifikasi dengan profesional

Setelah menemukan jawaban dan alasan mendapatkan ulasan dan kritikan tersebut langkah selanjutnya adalah membuat klarifikasi. 

Jika, ulasan buruk yang diperoleh merupakan sensasi semata, maka patahkan kritikan tersebut dengan bukti valid. 

Namun, jika ulasan dan kritikan tersebut memang benar, maka gunakan hal tersebut untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas. Kemudian, tunjukkan bahwa pemilik usaha telah melakukan perbaikan. 
 

4. Bangun komunitas pelanggan loyal

Pelanggan loyal adalah aset berharga. Keberadaannya dapat menjadi tameng ketika mendapatkan ulasan negatif.

Karena mereka lebih percaya pada pengalaman pribadi bukan hanya sekadar percaya ulasan di media sosial. 
 

5. Menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan vlogger

Ada kalanya kehadiran food vlogger meresahkan tetapi mereka bukanlah musuh. Dengan menjalin hubungan baik dan komunikasi yang positif, kesalahan pahaman dapat diminimalisir.

Sehingga dapat saling menghargai profesi masing-masing. Be-emers, suka tidak suka food vlogger berperan besar dalam membentuk persepsi masyarakat terhadap dunia per kulineran.

Ulasan yang diutarakan mereka dapat meningkatkan omset penjualan karena promosi yang dilakukan. Namun sebaliknya, ulasan mereka dapat merugikan bahkan membuat sebuah usaha gunung tikar. 

Namun, tanpa disadari ulasan negatif tidak hanya berdampak bagi pemilik usaha, seiring waktu ulasan tersebut dapat mempengaruhi citra food vlogger itu sendiri. 

Jadi, baik sebagai food vlogger atau pun pemilik usaha tetap harus bersikap bijaksana dan bertanggung jawab atas segala tindakannya. Karena setiap aksi memiliki konsekuensi. 

Demikian juga sebagai konsumen, kita tetap harus bijaksana dalam melihat dan mendengarkan setiap ulasan. Jangan mudah terpengaruh dengan apa yang orang lain katakan.

Lakukan riset sendiri sebelum memutuskan untuk mencoba atau mengunjungi temat makan. Tanpa mengetahui fakta sebenarnya, jangan ikut berkomentar negatif terhadap ulasan atau terbawa arus media sosial. 

Jadi, tetaplah bijak terhadap setiap peran yang kita jalani. Baik sebagai food vlogger, pemilik usaha, konsumen atau hanya netizen biasa. 











---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung