Kopi Kenangan Buka Pelatihan, Ini Peluang Kamu Jadi Barista!

Barista - Canva

Barista - Canva

Like

Bisa dibilang, segelas kopi kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama di kalangan milenial. Bukan hanya si kopi hitam pahit dan rasanya yang klasik, kini kopi juga lebih populer dengan campuran gula aren, susu, dan campuran gula lainnya.

Tentunya, hal itu berkat hasil karya tangan dingin barista. Racikan sang barista, tentunya jadi kunci penentu enak atau kurangnya seruput kopi.

Makanya, jadi barista itu enggak gampang lho, Be-emers. Bukan kayak menyeduh kopi sachet di rumah, menjadi seorang barista harus punya keahlian dan pengetahuan tersendiri soal kopi dan bahan-bahan pendukung lainnya.

Enggak heran, kalau kamu tahu drama Korea Coffee Prince, sang karakter utamanya sampai kuliah di Italia hanya untuk jadi seorang barista profesional. 

Nah, sekarang kayaknya kamu enggak perlu jauh-jauh ke Italia deh buat sekolah barista. Di dalam negeri pun ternyata sudah banyak sekolah atau bahkan kelas khusus yang menyediakan pelatihan untuk menjadi barista profesional.


Salah satu yang punya kelas barista adalah peritel minuman kopi kekinian, yakni Kopi Kenangan. Salah satu startup kuliner yang sudah cukup banyak mendapatkan pendanaan dan cabang dimana-mana ini baru saja meresmikan pusat pelatihan untuk mencetak barista handal nih.

Baca juga: Mengenal Bisnis Edward Tirtanata, Kopi Kenangan

Dengan nama Kenangan Academy, dilansir dari Bisnis, Kopi Kenangan berkomitmen untuk memberikan 5.000 pelatihan baru, termasuk mencetak 1.000 barista baru, pada kuartal ketiga dan keempat 2020.

Pelatihan yang ada di Kenangan Academy, antara lain:
  • Kompetensi dasar
  • Pengembangan dan sertifikasi barista
  • Sertifikasi sebagai Buddy Trainer/Store Trainer, dan
  • Program pengembangan kepemimpinan (Leadership Development Program).

Selain itu, pihak Kopi Kenangan juga bakal fokus pada pelaksanaan sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Pelatihan (BNSP) untuk skema penjamah makanan tim operasional, pemahaman pembuatan produk dan penanganan bahan halal.

Ada pula pelatihan sanitasi sebagai bentuk komitmen Kopi Kenangan untuk menjaga kualitas produk, pelayanan, dan sanitasi toko serta rangkaian bisnis lainnya.

Kenangan Academy ini, diakui sang CEO yakni Edward Tirtanata, merupakan perwujudan customer obsession Kopi Kenangan dan komitmen brand terhadap kualitas lho.

Perlu kamu ketahui, sejak dicetuskan pada November 2019 hingga pertengahan 2020, Kenangan Academy ini ternyata telah mencetak nyaris 1.000 barista nih, Be-emers! Tertarik ikutan? Siapa tahu habis ini kamu punya bisnis kedai kopi sendiri. Hihi

Baca juga: Jangan Ikutan Tren Aja, Yuk Intip Langkah Cuan Kopi Kenangan Jadi Startup Kopi Kekinian