Jangan Ikutan Tren Aja, Yuk Intip Langkah Cuan Kopi Kenangan Jadi Startup Kopi Kekinian

Bisnis Muda
Like

Berapa kali kamu pesan kopi dalam satu bulan terakhir?

Beberapa waktu belakangan ini, kopi bukan cuma jadi teman begadang, main catur, atau sajian untuk tamu di teras rumah. Kopi sudah menjelma jadi bagian dari lifestyle, terutama buat anak muda yang tinggal di perkotaan.

Banyaknya varian rasa dan promo bisa jadi alasan kenapa kopi sekarang banyak fans-nya. Di antara kedai-kedai yang bertebaran di penjuru kota, Kopi Kenangan jadi salah satu idola milenial buat menyeruput kopi kekinian nih.

 

Kopi Kenangan-Bisniscom. Foto: Istimewa

Kopi Kenangan-Bisniscom. Foto: Istimewa

Bukan kaleng-kaleng, Kopi Kenangan rupanya konsisten dalam meraih cuan sebagai perusahaan rintisan (startup). Dilansir dari Bisnis.com, startup yang didirikan oleh Edward Tirtanata sejak 2017 itu tercatat sudah berhasil mendapat kenaikan penjualan online lebih dari 50% selama masa pandemi Covid-19. Waw!

Dengan modal Rp150 juta, kopi yang punya menu andalan “Kenangan Mantan” ini enggak langsung dalam sekejap sukses gitu aja, Be-emers. Sebelum dapat suntikan modal, Edward bersama partner-nya, James Prananto dan Cynthia Chaerunnisa, mendirikan Kopi Kenangan dengan modal dari hasil patungan lho. Dari kedai pertamanya di daerah Kuningan, Jakarta Selatan, ini lah Kopi Kenangan memulai debutnya.


Kenangan Manis Sama Jay-Z

Di tahun 2019 lalu, Kopi Kenangan sempat trending gara-gara berhasil dapat tambahan pendanaan di Seri A dari penyanyi rap Jay-Z, petenis Serena Williams, dan pebasket NBA Caris Levert. Pendanaan tersebut bernilai kurang lebih US$20 juta. Padahal, saat itu usia Kopi Kenangan baru dua tahun berdiri.

Hal ini kayak jadi sinyal kalau startup kuliner lokal juga bisa melangkah ke skala internasional. Soalnya, dana tersebut rencananya akan digunakan buat ekspansi pasar ke Asia Tenggara .

For your information, sebelum “ketemu” sama mas Jay-Z, Kopi Kenangan pertama kali dapat pendanaan dari Alpha JWC Ventures. Tepatnya pada Oktober 2018, mereka mendapatkan suntikan modal senilai US$8 juta. Dari situ lah, Kopi Kenangan mulai menggunakan konsep ritel berbasis teknologi.

Di bulan Mei 2020 ini, Kopi Kenangan bikin heboh lagi karena mengumumkan pendanaan Seri B senilai US$109 juta. Dana ini berasal dari Sequoia Capital, B Capital, Horizon Ventures, Verlinvest, Kunlun, Sofina, dan Alpha JWC Ventures. Rencananya, dengan modal sebesar itu, Kopi Kenangan bakal semakin melebarkan sayapnya ke pasar regional dan internasional.
 

Kopi Kenangan - Instagram Bisniscom

Kopi Kenangan - Instagram Bisniscom

Lihat juga yuk info seputar Kopi Kenangan di Instagram @Bisniscom

Rencana IPO

Punya masukan pendanaan yang mantap banget, plus rencana ekspansi yang go-international, rupanya enggak bikin manisnya kopi ini sampai di situ aja. Dilansir dari Bisnis.com, sang CEO menyampaikan kalau mereka berencana akan melakukan Initial Public Offering (IPO) atau menawarkan saham perdananya di bursa.

Rencananya sih, hal itu bakal dilakukan di tahun 2022 mendatang. Kini dengan total 250 gerai, Kopi Kenangan optimis banget nih mau melantai di bursa. Soalnya, pelan tapi pasti, kedai kopi yang juga punya menu es doger ini pun berencana bakal tambah gerai hingga 650 gerai di tahun 2020. 

Wah, kalau beneran bakal melantai di bursa, Be-emers bakal tertarik buat buy sahamnya enggak nih?