Siap Belajar dari Rumah (PJJ), Siapkan Juga Jaringan Internet Terbaikmu!

sumber: freepik.com

sumber: freepik.com

Like

Pembelajaran Jarak Jauh alias PJJ menjadi sistem pendidikan baru semenjak pandemi virus corona melanda di Indonesia. Pembatasan sosial berskala nasional menyebabkan pelajar tidak bisa melakukan kegiatan belajar di sekolah; mereka harus melakukannya di rumah masing-masing yang dinilai sebagai tempat aman agar tidak tertular virus corona.

Di antara kamu mungkin sudah sering atau pernah memerhatikan bagaimana para pelajar belajar di rumah secara PJJ. Pembelajaran yang dilakukan secara daring tentu membutuhkan internet yang memadai. Alhasil, internet menjadi sarana paling penting selama kegiatan PJJ.

Kelancaran pelajar selama PJJ tentu perlu didukung dengan kuota dan cakupan internet yang memadai. Hal ini ternyata juga telah menjadi perhatian besar bagi beberapa provider internet yang ada di Indonesia.

Dilansir dari Bisnis.com, Indosat Ooredoo dan Hutchin 3 Indonesia menyatakan telah siap mendukung berjalannya PJJ di Indonesia. Kedua provider tersebut mengungkapkan bagaimana kesiapan mereka dalam memberikan layanan terbaik terhadap masyarakat agar dapat menggunakan internet secara maksimal.

Bagi kamu yang butuh referensi provider yang bisa digunakan untuk PJJ, bisa menyimak apa saja yang ditawarkan dari kedua provider yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan kamu.
 

Indosat: IMClass dan Pro Freedom Apps

Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Bayu Hanantasena, pada wawancaranya dengan Bisnis.com mengungkapkan bahwa Indosat Ooredoo telah menyediakan layanan untuk mendukung PJJ,yaitu paket IMClass dan Pro Freedom Apps.


Paket IMClass berisi kuota paket pintar sebesar 30GB untuk belajar daring dan akses ke platform belajar daring, seperti RuangGuru, Quipper, Sekolahmu.com, dan Rumah Belajar. Paket ini juga memberikan akses bebas terhadap lebih dari 300 platform belajar daring dan situs resmi berbagai universitas di Indonesia.

Pro Freedom Apps berisi kuota yang daoat dipakai untuk dapat mengakses tanpa khawatir menggunakan platform untuk pembelajaran melalui video, seperti Webex, Zoom, dan Microsoft Teams.
 

3 Indonesia: Kuota 30GB

Chief Commercial Officer 3 Indonesia, Dolly Susanto, juga mengungkapkan bahwa 3 telah merilis kuota seesar 30GB yang diberikan pada bulan pertama khusus siswa, guru, mahasiswa, dan dosen untuk pengannya.

Kuota 30GB ini berisi 10GB untuk akses internet berbagai aplikasi dan 20GB untuk akses pembelajaran daring, seperti Ruangguru, Edmodo, Zenius, dan Google Classroom selama 30 hari penuh.
 

Peningkatan Mutu Layanan Jaringan

Agar penggunaan internet dapat dimaksimalkan, Indosat dan 3 turut melakukan beberapa peningkatan layana  jaringan internet.

Dari pihak Indosat telah melakukan kerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam penyediaan kuota khusus untuk kegiatan PJJ di universitas serta juga dengan Kementrian Agama RI dan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta untuk kemudahan jaringan selama PJJ.

3 Indonesia juga melakukan peningkatan terhadao pelayangannya dengan selalu konsisten melakukan pemeliharaan jaringan, pembangunan infrastruktur Menara pemancar secara berkala, pangkalan data, dan juga memanfaatkan inovasi teknologi lainnya agar pelanggannya mendapatkan kenyamanan saat mengakses internet selama masa pandemi ini.

Nah, sekarang tinggal kamu. Kira-kira mau menggunakan provider mana ya agar kegiatan PJJ bisa berjalan lancer? Bisa juga share pendapat kamu tentang provider lainnya yang bisa jadi rekomendasi untuk PJJ.