Asuransi vs Investasi, Mana yang Diprioritaskan?

Choose - Canva

Choose - Canva

Like

Kalau disuruh pilih, menurut kamu mana yang lebih penting? Asuransi atau investasi?

Ternyata dikutip dari Bisnis, menurut Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Aviliani, keduanya sama-sama penting lho buat kehidupan kamu!

Keduanya sama-sama akan memberikanmu persiapan finansial yang matang untuk masa depan. Selain itu, asuransi dan investasi juga bisa mendatangkan cuan.
 

Asuransi

Dengan punya asuransi, menurut Aviliani, kamu otomatis telah memindahkan risiko masa depan dengan pembayaran premi sejak dini. Soalnya, kamu sudah lebih prepare terhadap masa depan yang bakal kamu hadapi nanti.

Lebih dari sekadar untuk terhindar dari risiko mengeluarkan biaya ekstra jika sakit, asuransi juga penting buat dana simpanan di masa depan.

Sebaiknya, punya asuransi harus sedini mungkin. Soalnya, semakin tua umur, maka preminya pun semakin besar!

 

Investasi

Jika asuransi lebih memberikan keuntungan secara proteksi, investasi tentunya juga diperlukan buat menunjang kebutuhan di masa depan kamu.

Selain itu, kamu jadi punya pemasukan pasif yang bisa kamu nikmati hasilnya di kemudian hari untuk memenuhi berbagai macam tujuan dalam hidup. Punya investasi, ibaratnya kamu telah menanam pohon uang, yang hasilnya akan bisa kamu nikmati di kemudian hari.

Dalam investasi, seperti yang diketahui, terdapat sejumlah instrumen yang bisa kamu pilih. Nah, pemilihan instrumen investasi tersebut bisa kamu pilih berdasarkan tujuan dan profil risiko kamu.

Untuk itu, kamu pun perlu mengenal diri kamu sendiri sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Misalnya, kamu masih sangat takut untuk berinvestasi pada instrumen yang risikonya cukup tinggi, kamu bisa memilih reksa dana pasar uang, obligasi negara, dan emas sebagai pilihan.

Sementara itu, buat kamu yang punya jiwa high risk taker, menurut Aviliani, sebaiknya kamu memilih saham sebagai instrumen investasi nih.

Adapun, baik punya asuransi maupun investasi, keduanya juga perlu untuk disesuaikan dengan kondisi keuangan kamu ya!