Cocok untuk Vegan, Dessert Berbahan Nabati Juga Bisa Jadi Peluang

Food - Canva

Food - Canva

Like

Makanan pencuci mulut, identik banget sama makanan yang serba manis, seperti es krim, kue, dan sebagainya. Nah, kudapan manis itu rata-rata mengandung susu, telur, dan kadar gulanya cukup tinggi.

Hal itu tentunya enggak bisa dinikmati sama seorang vegan. Adapun, vegan merupakan seseorang yang sama sekali tidak mengonsumsi semua produk hewani seperti daging, susu, telur, dan yoghurt.

Vegan hanya bisa mengonsumsi produk makanan berbahan dasar nabati. Makanya, enggak menutup kemungkinan, pola hidup vegan kadang kesulitan buat mendapatkan pencuci mulut (dessert).

Enggak jarang, para vegan cenderung memilih untuk membuat sendiri dessert dengan bahan dasar nabati. Nah, hal ini bisa jadi peluang cuan juga lho!

Dikutip dari laman Bisnis, makanan penutup vegan ternyata menarik untuk demografi yang lebih luas. Jadi bisa dibilang, orang yang bukan vegan, juga tetap bisa mengonsumsi dessert berbahan dasar nabati.


Misalnya, diperkirakan ada 65 persen orang di dunia ini yang enggak toleran terhadap laktosa (lactose intolerance) hingga tingkat tertentu. Makanan berbahan dasar nabati mungkin bisa jadi solusinya.

Baca juga: Ini Peluang Usaha untuk Para Vegan dan Vegetarian
 

Modifikasi dan Kreativitas

Memutuskan untuk mengolah kudapan khusus untuk vegan, tentunya dibutuhkan kemampuan untuk memodifikasi bahan dasar makanannya. Misalnya, es krim vegan yang dibuat tanpa bahan susu atau yoghurt, melainkan dari sari pati singkong.

Kreativitas dan pengetahuan kita untuk memodifikasi bahan dasar, adalah tantangan tersendiri dalam menjalani bisnis ini. Enggak heran, menu vegan lebih mahal ketimbang menu makanan pada umumnya.

Untuk itu, kamu perlu banyak riset dan mencoba berkreasi menu masakan vegan terlebih dahulu. Kreasi menu makanan vegan, bisa juga kamu lihat tutorialnya di Youtube atau kamu bisa ikut les/kelas memasak masakan vegan.

Selain itu, ada baiknya juga untuk kamu bekerja sama dengan nutrisionis atau ahli gizi, agar produk kudapan vegan kamu ini punya kadar gizi yang oke untuk dikonsumsi.


Resep dessert vegan dari Youtuber Shiely Venessa ini mungkin bisa kamu coba nih, Be-emers.