Ulang Tahun, Warren Buffett Beli Saham 5 Perusahaan Jepang Ini

Warren Buffett - Pinterest

Warren Buffett - Pinterest

Like

Tepat tanggal 30 Agustus 2020 lalu, investor kenamaan Warren Buffett genap berusia 90 tahun nih, Be-emers! Merayakan ulang tahunnya, salah satu dari orang terkaya di dunia ini rupanya diketahui telah membeli saham lima perusahaan Jepang sekaligus lho!

Dilansir dari laman Bisnis, perusahaan konglomerasi miliknya, yakni Berkshire Hathaway Inc, telah mengakuisisi 5 persen saham dari Itochu Corp., Mitsubishi Corp.,  Mitsui & CO., Marubeni Corp., dan Sumitomo Corp., dalam kurun waktu 12 bulan terakhir.

Jika digabung, investasi Buffett di lima perusahaan tersebut ditaksir lebih dari US$6 miliar, atau kurang lebih setara Rp87 triliun.

"Saya senang Berkshire Hathaway berpartisipasi di masa depan Jepang dan lima perusahaan yang kami pilih untuk investasi," kata Buffett.

Perlu diketahui, lima perusahaan asal negeri sakura tersebut diketahui jadi yang paling mendominasi di industri energi dan bahan mentah Jepang.


Baca juga: Cuan Saham ala Warren Buffett, Begini Caranya

Adapun, seiring dengan jatuhnya harga komoditas, banyak investor yang cenderung memilih saham teknologi. Rupanya, hal itu menyeret sektor komoditas mengikuti pasar saham yang lebih luas dalam beberapa tahun terakhir.

Sementara itu, sejak pandemi Covid-19 terjadi, Buffett cenderung lebih berhati-hati dalam melakukan aksi akuisisi. Meski begitu, diketahui bahwa perusahaannya telah meningkatkan portofolionya di industri komoditasnya.

Salah satunya, yakni perjanjian US$4 miliar untuk membeli sebagian besar perusahaan pipa dan penyimpanan gas alam Dominion Energy Inc. aset pada bulan Juli lalu.

Dengan pembelian saham di lima perusahaan tersebut, jadi penanda bahwa Buffett serius menanamkan modalnya ke negara dengan ekonomi kedua terbesar di Asia itu.

Baca juga: Dinilai Unik, Yuk Intip Hidup Hemat ala Warren Buffett

Kedepannya, perusahaan milik Buffett itu bakal menahan investasi Jepang untuk jangka panjang. Pihaknya pun berjanji, hanya akan memiliki sebanyak 9,9 persen saham di salah satu dari lima perusahaan, kecuali memang diberikan persetujuan khusus oleh dewan direksi.

Pria asal Omaha, Amerika Serikat itu juga menilai kalau banyak usaha patungan di seluruh dunia dan kemungkinan besar, perusahaan tersebut punya lebih banyak kemitraan. Ia pun berharap, kedepannya ada peluang yang saling menguntungkan.

Adapun, Berkshire Hathaway juga berencana untuk meningkatkan investasi di luar negeri, seperti berinvestasi di China melalui kepemilikan di di BYD Co dan perusahaan pembayaran Brasil yakni Stone Co Ltd.

Perlu kamu ketahui juga, hingga usianya yang sudah menginjak angka 90 tahun, Buffett telah membangun Berkshire Hathaway menjadi konglomerat dengan nilai lebih dari US$521 miliar. Portofolio ekuitasnya juga cukup signifikan, yakni dengan memiliki saham di perusahaan besar dunia seperti Apple Inc hingga Bank of America.