Hits Banget, Mentai dan Saos Mentai!

Mentai dan Saos Mentai (Sumber: Pixabay.com)

Mentai dan Saos Mentai (Sumber: Pixabay.com)

Like

Beberapa waktu belakangan, saus mentai tengah menjadi perbincangan hangat di berbagai media sosial. Mentai adalah salah satu jenis saos pada masakah khas Jepang, yang kini sudah banyak dikreasikan pelaku bisnis makanan online menjadi aneka kuliner sedap. 

Sayangnya masih banyak yang salah mengartikan saus satu ini, sehinggga penting untuk mengenalnya lebih dekat. Apabila kamu penasaran dengan saos populer satu ini, silahkan simak ulasan singkat berikut. 


Terbuat dari Telur Ikan Kod

Tahukan kamu bahan pembuatan saos tren satu ini  ? Banyak masyarakat yang menyangka bahwa saos satu ini, merupakan menu dari olahan ikan salmon yang kemudian disiramkan menggunakan saos mayonais di bagian atasnya. 

Padahal mentai sendiri merupakan satu dari sekian ragam olahan saos yang diolah sedemikian rupa, hingga menghasilkan cita rasa yang memanjakan lidah siapapun yang mengkonsumsinya. 

Dalam bahasa Jepang, mentai merujuk pada kata mentaiko yang memiliki arti sebagai telur ikan kod. Telur ikan tersebut kemudian dimarinasi menggunakan aneka rempah pilihan, sehingga menghasilkan rasa tiada bandingannya. 

Sedangkan telur ikan kod yang belum diolah sedikitpun alias mentah disebut sebagai tarako. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa mentai adalah saos yang terbuat dari telur ikan kod, dan bukan sebuah sajian dari olahan ikan yang disiramkan dengan saos tertentu. 


Jika diperhatikan lebih teliti, kamu akan menyadari bahwa telur ikan satu ni tampak berbeda dibandingkan telur dari jenis ikan pada umumnya. Perbedaan tersebut terlihat dari warnanya yang cenderung nude dengan sedikit gradasi warna pink membuatnya cantik menawan. 
 
Bukan hanya itu saja, telur ikan satu ini memiliki ukuran yang mungil dan tampak menyatu satu sama lain. Setiap telurnya tampak menempel sempurna dalam balutan membran tipis yang melindungi telur dari kerusakan. 

Mentaiko inilah yang nantinya dijadikan sebagai bahan utama saat mengolah aneka kuliner lezat. Beberapa sajian kuliner yang menggunakan mentaiko seperti garnish sushi, filling onigiri, donburi, topping spaghetti, serta dijadikan sebagai saos mentai.


Saus Mentai Khas Indonesia Berbeda Dari Buatan Jepang

Walaupun mentai adalah saos buatan Jepang, ternyata bumbu tambahan makanan ini tercipta karena terinspirasi gaya makanan khas Western. Dimana masyarakat Western umumnya mencampurkan mentaiko menggunakan mayonnaise, untuk hasilkan tekstur kental. 

Ketika disantap, kamu akan merasakan rasa creamy yang cukup kuat namun terasa lezat dikonsumsi. Sayangnya rasa saos mentai khas Indonesia berbeda dengan saos buatan Jepang. Sebab saos mentai khas Jepang dirasa lebih blank akibat minim penggunaan bumbu. 

Sedangkan saos mentai khas Indonesia sudah mengalami modifikasi dengan menambahkan sejumlah bumbu pilihan, untuk menyesuaikan dengan selera lidah orang Indonesia. Bahkan, para pebisnis saus mentai di Indonesia yang menjadikan tobiko sebagai bahan utama pembuatannya. 

Hal ini disadari dari minimnya budidaya ikan kod di wilayah Indonesia. Walau bahan utamanya sedikit berbeda, namun rasa saosnya tetap terasa nikmat dan gurih berkat adanya tambahan aneka rempah pilihan. Tidak heran jika produk olahan saos mentai banyak dicari di pasaran. 

Saos ini pun semakin terkenal di media sosial setelah dipelopori oleh seorang pengusaha kuliner onliner bernama By Anind. Alhasil, banyak yang menjadikan menu kuliner yang ditambahkan saos mentai adalah menu makanan favoritnya. 

Miliki rasa lezat dan gurih, membuat saos satu ini banyak digemari keluarga Indonesia. Namun siapa sangka jika saos ini ternyata terbuat dari telur ikan kod yang diberikan sedikit bumbu untuk menambah cita rasanya. 

Umumnya saos ini disajikan pada restoran Jepang ternama, namun kini kamu bisa menikmatinya karena sudah banyak produk menawarkannya dengan harga lebih bersahabat tanpa mengurangi manfaatnya.

Sudahkan kamu mencobanya? Kalau sudah iseng-iseng mencoba, jangan lupa juga nih, ini bisa jadi peluang bisnis yang kece, lho

Simak jugaSelain Wasabi dan Teriyaki, Kini Saus Mentai Jadi Idola Bisnis Kuliner ala Jepang