Selain Wasabi dan Teriyaki, Kini Saus Mentai Jadi Idola Bisnis Kuliner ala Jepang

Mentai Rice - Pinterest

Mentai Rice - Pinterest

Like

Kamu pasti sering banget dong menemukan menu yang menyajikan cita rasa Jepang? 

Biasanya, teriyaki dan wasabi jadi ciri khas kuliner Jepang. Namun, beberapa waktu terakhir ini, muncul menu-menu ala Jepang yang disajikan dengan saus mentai.

Mentai, atau dalam bahasa jepang disebut mentaiko, dikenal sebagai saus yang terbuat dari telur ikan kod (ikan pollock) dan mayonaise. Dari buku Handbook of Food Science, Technology, and Engineering (volume 4), mentaiko merupakan sebutan buat ikan kod.

Rupanya ikan kod (pollock roe) biasanya dibumbui dengan garam, gula, bawang putih, wijen, cabai, shoyu (kecap asin), MSG (alias micin), dan sake. Nah, ikan ini dikirim ke Amerika dan dikenal dengan sebutan “spicy roe” atau mentai. Selain itu, mentaiko kering diketahui juga digunakan dalam bumbu sup atau saus.

Nah, rasanya yang gurih dan penampilannya yang menggoda selera, bikin kuliner dengan saus mentai jadi idola kuliner kekinian nih. Makanya, mentai juga dinilai bisa jadi inspirasi bisnis kuliner kamu lho.
 

Salmon Mentai

Saus mentai dinilai cocok banget sama salmon. Hal ini terlihat dari adanya sajian sushi atau kontemporer yang punya varian rasa salmon mentai.


Selain di menu sushi, rupanya salmon mentai juga bisa dijadikan varian menu burger nih. Namun, uniknya, burger tersebut dibuat seperti layaknya sushi.

Hal itulah yang dilakukan oleh Burgushi. Dengan menu andalan salmon mentai, Burgushi menyajikan sushi dalam bentuk burger dengan dua lapis rice cake goreng sebagai pengganti roti (burger bun).

Kemudian burger-sushi tersebut diisi oleh potongan salmon yang dilumuri saus mentai. Tidak lupa, biar terasa mirip sushi, bagian luar burger ini dilapisi lagi sama nori atau rumput laut.

 

Salmon Mentai Burgushi - Foto: Burgushi

Salmon Mentai Burgushi - Foto: Burgushi


 

Mentai Rice

Menu kekinian satu ini, menyajikan nasi dengan saus mentai. Menu ini juga biasanya dilengkapi dengan salmon,

Namun, ternyata bisa juga divariasikan dengan ayam, jamur, kepiting, udang, atau jenis ikan lainnya. Perpaduan gurihnya saus mentai, bertemu dengan toping ikan atau daging, ditambah taburan bubuk nori, bikin menu ini punya sensasi meleleh di mulut lho!

Simple dan punya bahan yang mudah dimodifikasi, membuat menu mentai rice juga merajalela hingga merambah ke bisnis rumahan. Jika tertarik berbisnis mentai rice, Kamu juga bisa pakai sistem pre-order untuk memudahkan kamu dalam membuat produk pesanan lho.

Yang mau coba bisnis mentai rice, mungkin bisa intip resepnya juga nih