Ini Keuntungan Beli Kendaraan Melalui Lelang

Cars - canva

Cars - canva

Like

Pernah kepikiran untuk beli kendaraan melalui lelang enggak, Be-emers?

Sekarang, lelang enggak cuma bisa dilakukan secara konvensional. Lelang pun sudah bisa dilakukan secara online, baik disediakan oleh perusahaan swasta maupun pemerintah.

Perlu kamu ketahui, jasa lelang oleh pemerintah , melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), bisa kamu akses secara daring di laman lelang.go.id dan bisa diakses oleh semua masyarakat dimanapun dan kapanpun. Terdapat pula 99 perusahaan lelang swasta yang bisa kamu pilih untuk mencari kendaraan.

Kendaraan yang dibeli secara lelang dikenal lebih murah lho daripada di dealer. Selain itu, beli kendaraan melalui lelang juga punya keuntungan lainnya nih.

Baca juga: Milenial Ikut Lelang Online? Perhatikan Hal Ini Sebelum Ikutan
 

Unit Bisa Sesuai Anggaran

Sama halnya kayak beli kendaraan di dealer,  melalui pasar lelang, terdapat banyak unit kendaraan yang bisa kamu pilih. Nah, setiap unit ini bisa kamu pilih sesuai dengan anggaran yang kamu miliki lho!


"Ada banyak unit yang dapat dipilih. Misalnya uangnya kurang bisa masuk ke kelas c," kata Daddy Manurung, Ketua Perkumpulan Balai Lelang di Indonesia (Perbali), dikutip dari Bisnis.
 

Bisa Dikuasai Pembeli

Selain itu, aset lelang tersebut juga bisa dikuasai langsung sama pembeli nih. Meski begitu, kamu sebelumnya harus mengetahui kelebihan dan kekurangan aset kendaraan yang kamu inginkan di pasar lelang.

Biasanya, perusahaan lelang akan mencantumkan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan kendaraan yang dilelang. Namun, enggak ada salahnya untuk kamu tetap memastikan kembali kualitas kendaraan tersebut.

Salah satunya, kamu bisa membawa orang yang ahli di bidang otomotif atau yang sudah berpengalaman mengikuti lelang kendaraan untuk membantu penilaian.

Soalnya, pihak perusahaan lelang biasanya akan menyediakan beberapa waktu untuk open house sebelum lelang, dimana kamu bisa punya waktu untuk menilai terlebih dahulu kendaraannya.

Adapun, kamu bisa beli aset kendaraan bekas dan sudah dalam kondisi diperbaiki semua kekurangannya. Namun, harga yang ditawarkan tersebut akan cenderung jadi lebih tinggi.