Ini Tips Mengelola Keuangan untuk Generasi Milenial ala OJK

Money - Canva

Money - Canva

Like
Generasi milenial cukup dikenal sebagai generasi yang cukup konsumtif. Benarkah begitu, Be-emers?

Dalam riset lembaga independen Provetic, generasi milenial cenderung memiliki perilaku menabung untuk hal-hal yang bersifat konsumtif. Soalnya, selain beli mobil atau rumah, generasi milenial cenderung punya tujuan finansial yang sifatnya konsumtif kayak beli tiket konser atau untuk jalan-jalan.

Padahal, hal itu kalau dilakukan terus-menerus, dapat membahayakan kondisi finansial di masa mendatang. Lalu, apa yang harus kita lakukan untuk mengelola keuangan dengan baik?

Tenang, dikutip dari Bisnis, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ternyata punya tipsnya nih buat kita kaum milenial supaya bisa menjaga kondisi finansial. 
 

Biasakan Menabung

Semua akan terasa lebih ringan jika kamu terbiasa untuk melakukannya. Begitu juga dengan menabung.

Menurut OJK, menabung itu perlu untuk dibiasakan. Kalau kebiasaan ini bisa dijaga terus-menerus, pastinya ini akan menjadi habit. Alhasil, kamu pun jadi punya budaya hemat dan jauh dari kata boros.
 

Coba Cari yang Lebih Likuid

Jika kamu sudah berhasil untuk terbiasa menabung, coba deh, mulai cari alternatif menabung selain uang. Soalnya, Menabung dalam bentuk uang, menurut OJK, bersifat likuid (mudah dicairkan), tapi imbal hasilnya rendah.

Nah, kamu bisa coba menabung dalam bentuk emas yang juga likuid atau bisa dijual setiap saat dan dalam jangka panjang. Selain itu, tren harga emas pun selalu naik.
 

Investasi Jangka Panjang

Kamu juga perlu persiapan jangka panjang lainnya nih, biar siap menghadapi masa depan dengan mapan. Investasi saham dan reksa dana bisa jadi pilihan.

Namun, perlu diingat, kamu mesti perhatikan terlebih dahulu tingkat risiko, kinerja saham, dan keadaan pasar.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa investasi di bidang properti, seperti membeli rumah dengan sistem KPR. Tenang, saat ini juga banyak kok jenis tabungan berjangka yang bisa digunakan untuk uang muka membeli rumah.

 

Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Menurut OJK, Selain menabung, milenial perlu membedakan kebutuhan dan keinginan. Caranya, kamu cukup menyusun daftar prioritas hal-hal yang paling dibutuhkan.

Jangan sampai, keinginan kamu lebih mendominasi ketimbang kebutuhan. Coba deh, kamu jangan langsung beli apa yang menurut kamu lucu atau keren, pikirkan dulu, kamu butuh atau tidak barang tersebut.
 

Bijak Berutang dan Siapkan Dana Darurat

Utang adalah salah satu hal yang bisa membahayakan keuangan kamu jika tidak bisa dikelola dengan baik. Makanya, kamu perlu lebih mengutamakan utang yang sifatnya produktif atau memberikan pemasukan.

Terakhir, milenial perlu untuk mempersiapkan dana darurat caranya dengan menabung untuk memenuhi kebutuhan saat tak terduga, seperti krisis akibat pandemi. Soalnya, kamu akan lebih siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi, tanpa takut finansial terganggu.