Telapak Tangan Berkeringat, Nervous Berlebih? Ini Tipsnya!

Telapak tangan berkeringat (Sumber: Pixabay.com)

Telapak tangan berkeringat (Sumber: Pixabay.com)

Like

Berada di lingkungan baru atau menghadapi hal hal baru terkadang membuat seseorang sangat gugup. Responnya cukup beragam, seperti kehilangan kata kata bahkan tidak bisa berbicara dengan runtut sering kali dialami di depan umum.

Dalam masa PSBB ini ada baiknya, jika Anda mulai untuk membangun networking yang berkualitas sambil melatih kepecayaan diri. Menurut Bisnis.com, hal ini menjadi penting karena dengan begini Anda bisa menemukan peluang-peluang baru ke depannya. 

Tidak jarang, anda juga akan berkeringat berlebih hingga telapak tangan berkeringat. Anda bisa mengatasinya dengan beberapa tips jitu agar bisa mengatasi rasa nervous di depan umum. Yuk intip ulasan lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga : Sering Merasa Insecure? Lakukan Hal Ini untuk Menghindarinya


Mulai dari Latihan Pernapasan

Menenangkan diri sebelum menghadapi sesuatu hal itu sangat perlu, agar anda tidak gugup berlebihan. Caranya sangat mudah, yaitu atur pernapasan hingga merasa tenang selama kurang lebih 10 detik. Tarik napas panjang dan buang perlahan, lalu lakukan berulang kali.

Cara ini cukup efektif untuk mengatur rasa gugup bahkan menghilangkannya. Setelah tubuh merasa tenang atau rileks, anda bisa mulai berbicara di depan orang lain. Dengan begitu, sesuatu di hadapan mata dapat ditaklukkan secara optimal.



Berpikir Positif

Salah satu penyebab grogi di depan umum, yaitu pikiran pikiran negatif yang mengganggu anda. Oleh sebab itu, mengatasi telapak tangan berkeringat ini bisa dilakukan dengan mencoba berpikir positif tentang segala hal di depan mata.

Berpikir positif bisa menghilangkan sedikit demi sedikit rasa gugup dan anda bisa berbicara dengan lancar. Di hadapan umum tentu harus bisa mengendalikan diri dan menguasai situasi dengan lebih baik.


Temukan Kelebihan Diri Sendiri

Percaya pada diri sendiri adalah salah satu kunci berhasil menaklukkan segala rintangan. Hal ini sering diabaikan dan menjadi grogi karena merasa rendah diri sebelum mencoba. Anda bisa merapalkan mantra “Saya pasti bisa” secara berulang ulang.

Kalimat tersebut terbukti ampuh mengatasi rasa gugup berlebihan yang menyerang saat akan melakukan suatu hal baru. Percayalah pada diri sendiri bahwa anda mampu melampauinya, sehingga bisa lebih tenang.


Perbaiki Bahasa Tubuh

Penilaian pada pertemuan pertama itu sangat penting untuk membentuk citra diri di mata orang lain. Oleh sebab itu, anda harus bisa mengatasi rasa gugup yang seringkali berakibat telapak tangan berkeringat agar memiliki penilaian terbaik.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan, yaitu memandang mata lawan bicara dengan cukup tegas, dengarkan saat orang lain berbicara, dan hindari mendominasi percakapan. Tiga tips tersebut cukup membuat anda menjadi lawan bicara yang menyenangkan.


Minum Air Putih

Tubuh membutuhkan asupan air putih yang cukup, sehingga tidak kekurangan cairan yang membuat pikiran jadi lemah dan kurang bisa menguasai diri. Selain itu, kurangnya air putih juga bisa berdampak pada konsentrasi yang menurun seiring bertambahnya waktu.

Oleh sebab itu, cukup asupan yang dibutuhkan oleh tubuh agar anda terhidrasi dengan baik. Cara ini juga dipercaya mampu mengembalikan detak jantung secara normal, agar tidak lagi merasa gugup saat berbicara di depan umum.


Bergerak

Saat tubuh dalam kondisi gugup, bahasa tubuh anda akan semakin tampak bila hanya berdiri tegang mematung. Oleh sebab itu, cobalah untuk santai dengan menggerakkan anggota tubuh secara natural. Dengan begitu, anda akan merasa jauh lebih santai.

Bahkan, bila anda merasa telapak tangan berkeringat pun bisa berangsur angsur berkurang karena tersalurkan melalui tubuh yang bergerak. Anda bisa mengandalkan teknik blocking tempat berbicara agar energinya tersalur dengan baik.

Grogi saat berhadapan dengan orang banyak di kesempatan yang baru tentu sangat wajar. Pengalaman baru ini tentu tidak ingin anda kacaukan karena bahasa tubuh yang buruk, bukan? Terdapat enam cara yang bisa anda coba untuk menghilangkan rasa gugup tersebut.

Baca juga: Self Healing? Belajar Dari Kesalahan, Temukan Jati Diri!