Self Healing? Belajar Dari Kesalahan, Temukan Jati Diri!

Self Healing (Sumber: Pixabay.com)

Self Healing (Sumber: Pixabay.com)

Like

Pernahkah kamu merasakan tidak berguna, marah kepada diri sendiri, ataupun merasakan kesedihan tidak berkesudahan ? Dalam kondisi tersebut, tampaknya kamu sangat membutuhkan yang namanya self healing.

Metode penyembuhan diri ini umumnya dilakukan ketika seseorang tengah menyimpan luka batin yang menumpuk di dalam pikirannya. Apabila kondisi batin yang lelah dibiarkan tanpa ada penanganan, ditakutkan akan mengganggu emosinya. 

Menyadari bahwa dirimu mengalami kelelahan batin, ada baiknya untuk segera menarik diri dari keramaian dan mulai menyelesaikan masalah tersebut. Berikut beberapa cara healing yang bisa kamu terapkan untuk menyembuhkan luka tersebut. 


Berbicara dengan Diri Sendiri 

Metode penyembuhan diri yang pertama yaitu berbicara dengan diri sendiri. Namun bukan berarti kamu akan dicap gila ketika melakukannya, justru proses penyembuhan luka batin ini membuatmu jujur kepada diri sendiri.

Tentu saja hal proses penyembuhan ini berada di ranah positif, jika dibandingkan harus melampiaskan perasaan dalam bentuk sesuatu yang buruk. Dalam proses ini, kamu adalah satu satunya yang dapat berkomunikasi dengan lubuk hati terdalam. 

Dengan melakukan self healing ini, diharapkan dapat membantumu lebih memahami diri sendiri sekaligus menumbuhkan rasa syukur terhadap segala hal yang terjadi selama kehidupannya. Sehingga tidak ada rugi melakukan metode sembuhkan luka satu ini. 



Berdamai dengan Keadaan

Dalam kehidupan, seseorang akan mengalami berbagai peristiwa entah itu baik atau bahkan buruk. Semua kenangan di masa lalu tersebut akan membekas di hati, sehingga seseorang akan terus mengingatnya bahkan hal ini berlaku untuk peristiwa terburuk dalam hidupnya. 

Ketika mengingatnya kembali, seseorang akan merasakan amarah yang selama ini disimpan rapat di dalam pikiran semata. Sebenarnya tidak ada salahnya merasa marah, namun kamu tidak bisa menyalahkan setiap peristiwa buruk tersebut secara terus menerus. 

Bahkan ada pula yang memilik mengutuk dirinya, yang ternyata semakin membuat keadaan batinnya semakin tersiksa. Justru rasa amarah tersebut akan semakin menjadi, ketika kamu tidak berusaha untuk berdamai dengan keadaan sekarang ini.  

Apabila kamu ingin batin merasa lebih damai, cobalah untuk berdamai dengan keadaan dan lebih memilih untuk menerima dirimu sendiri di masa sekarang sebagai self healing terbaik. Sebab segala hal yang menimpamu hari ini, adalah guru kehidupan terbaik sepanjang masa. 


Me Time 

Merasakan gejala kelelahan batin ? Inilah saat yang tepat untuk menarik diri dari keramaian dan mulai melakukan me time. Sebab sebagian permasalahan yang mengganggu pikiran, bisa jadi diakibatkan oleh kehadiran orang lain. 

Dengan melakukan metode penyembuhan ini, diharapkan kamu mulai memikirkan diri sendiri, demi mendapatkan kebahagiaan yang seharusnya didapatkan. Hal ini dilakukan, karena umumnya seseorang akan sibuk memikirkan orang lain namun lupa akan dirinya sendiri. 

Hanya dengan meluangkan waktu dengan diri sendiri, membuat waktu berjalan lebih bermakna. Dalam proses self healing. ini, kamu dapat memahami pusat segala kehidupan yaitu tentang diri sendiri.

Sedangkan orang lain adalah pelengkap kebahagiaan. Bill Gates biasanya memilih untuk meluangkan waktunya 1 minggu jauh dari keramaian hanya untuk menjernihkan kembali pemikirannya. 


Baca juga: Simak Apa Kata Bill Gates
 

Kelelahan emosional dapat terjadi kepada siapa saja, bahkan tidak terkecuali pada anak anak sekalipun. Ada beberapa faktor mengapa seseorang mengalami kelelahan emosional, dan apabila tidak segera disembuhkan ditakutkan luka tersebut semakin menganga.

Bentuk kelelahan emosional pun beragam seperti rasa sedih akibat ditinggalkan orang tua, merasa gagal tidak dapat meraih suatu hal yang diinginkan cemas akan masa depan, usai mengalami kejadian yang tidak diinginkan, hingga merasa marah kepada diri sendiri. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan emosi dalam diri baik itu melakukan me time, mengubah sebuah penyesalan menjadi sumber kekuatan tiada batas, berdamai dengan keadaannya saat ini, atau bahkan berbicara dengan dirimu sendiri.