Ini Alasan dan Cara Mahasiswa Lakukan Pinjaman Online, Kamu Salah Satunya?

Student - Canva

Student - Canva

Like

Pinjaman online (pinjol) melalui sejumlah perusahaan financial technology (fintech) seperti peer-to-peer (P2P) lending memang lagi marak banget nih, Be-emers.

Rupanya, pinjol lewat fintech enggak cuma tren di kalangan milenial yang sudah bekerja doang nih. Kalangan mahasiswa, yang sebagian besar masih tergantung keuangannya sama orang tua, juga kerap kali memanfaatkan pinjol lho!

Kamu salah satunya enggak nih, Be-emers? Buat apa sih, sampai rela berutang ke pinjol?

Nah, ternyata ini alasan dan cara mahasiswa untuk melakukan pinjaman online, dikutip dari Bisnis.com.

Baca Juga: Marak Pinjaman Lewat Fintech, Yuk Simak Hal Ini Biar Enggak Boncos
 

Tambahan Keperluan Kuliah

Menurut Student Ambassador Cicil (PT Cicil Solusi Mitra) Vicka Fadhilla, terdapat sejumlah keperluan tambahan bagi mahasiswa selama menjalani kuliah. Apalagi, di tengah berlakunya kebijakan belajar dari rumah, kebutuhan seperti laptop pribadi pun dibutuhkan.


Alih-alih meminta kepada orang tua, alternatif melakukan pinjol pun dipilih. Bagi Vicka, para mahasiswa di sekitarnya memiliki motif yang sama saat memanfaatkan pinjaman melalui fintech, yakni ingin meringankan beban orang tua.

Enggak cuma laptop, keperluan lain seperti kamera, tripod, hingga kebutuhan elektronik lainnya yang harganya enggak bisa terbeli dengan uang saku mahasiswa, bisa teratasi dengan pinjaman dari fintech.

Terus, gimana ya cara agar mahasiswa bisa memanfaatkan pinjol dengan baik?
 

Sisihkan Uang Jajan & Kerja Sampingan

Jika memang dibutuhkan, enggak ada salahnya kok melakukan pinjaman online. Namun, kamu harus bisa bertanggung jawab terhadap utang kamu itu ya!

Sebagai mahasiswa, menurut Vicka, kamu bisa membayar cicilan ke fintech itu dengan menyisihkan sebagian uang saku atau mengambil pekerjaan sampingan. Menurutnya, dengan cara itu, kamu jadi bisa dipercaya oleh pihak fintech dan dapat mengajukan kembali pinjaman untuk kebutuhan perkuliahan lainnya.

Nah, mahasiswa yang mengajukan cicilan itu pun memang harus punya komitmen untuk mendapatkan penghasilan, baik dari selisih uang jajan maupun bekerja. Jadi, kalau kamu menyepelekan pinjol, dampaknya juga enggak akan bagus untuk keuangan kamu sebagai mahasiswa!

Baca Juga: Mumpung Masih Muda, Ini Tips Mengelola Keuangan yang Pas untuk Mahasiswa???????
 

Manfaatkan Program Cicilan Khusus Mahasiswa

Mengetahui kebutuhan mahasiswa terhadap pinjol cukup banyak, sejumlah fintech pun bahkan diketahui punya program pinjaman khusus untuk mahasiswa lho!

Salah satunya yakni platform Cicil, yang punya program Cicil Jobs. Beda sama kredit pada umumnya, yang notabene diperuntukan untuk UMKM atau pegawai, mahasiswa bisa mendapatkan sejumlah pekerjaan jangka pendek dari perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dengan pihak Cicil.

Adapun, program ini ternyata enggak cuma memberikan pinjaman, tapi juga menyediakan layanan pekerjaan bagi mahasiswa untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan, guna membayar cicilan.
 

Cek Kredibilitas Fintech

Ini nih, jangan sampai kamu sembarangan pilih lembaga yang menyediakan layanan pinjol. Penting banget untuk kamu mengecek terlebih dahulu kredibilitas perusahaan fintech yang menawarkan pinjol.

Kamu bisa cek, apakah perusahaan tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, cek juga rekam jejak (track record) perusahaan fintech tersebut ya!

Baca Juga: Ada Kasus Fintech Ilegal, Ini yang Perlu Diperhatikan Biar Kamu Enggak Terjebak