Belajar dari CEO Netflix: Jadi Raksasa Streaming, Ini Budaya Kerja yang Diterapkan

Netflix - Canva

Netflix - Canva

Like

Siapa yang suka streaming Netflix?

Di beberapa serial Netflix, terdapat sejumlah film atau dokumenter tentang entrepreneur seperti Street Food, The Pursuit of Happiness, The Theory of Everything, dan masih banyak lagi.

Namun, kamu juga bisa mendapatkan inspirasi bisnis dan belajar banyak tentang bagaimana membangun usaha dari pengalaman CEO Netflix lho! Soalnya, sebelum jadi raksasa layanan video on demand kayak sekarang, Netflix harus melewati banyak tantangan juga dong pastinya.

Sebelum punya 200 juta pelanggan dan pendapatan bulanan sekitar US$950 juta sebulan, Netflix memulai bisnisnya dengan layanan DVD di tahun 1997. Enggak cuma itu, lingkungan atau budaya kerja yang dibangun CEO Netflix Reed Hastings juga mempengaruhi kinerja perusahaan nih, Be-emers.

Nah, bos Netflix pun membagikan pengalamannya itu dalam buku barunya yang berjudul No Rules Rules: Netflix and the Culture of Reinvention. Dikutip dari laman Bisnis, ini yang bisa kita pelajari dari perusahaan yang terkenal dengan slogan “Netflix and Chill” ini.


Baca Juga: Mengenal Kebijakan Liburan Tanpa Batas ala Netflix


Berikan 'keeper test' terhadap karyawan.

Menurut manual Netflix Culture, manajer harus bertanya pada diri sendiri pertanyaan mendasar ini: "Jika salah satu anggota tim berpikir untuk pergi ke perusahaan lain, apakah manajer akan berusaha keras untuk mencegah mereka pergi?"

Jika seorang karyawan tidak layak diperjuangkan, mereka akan dengan sopan dan murah hati menunjukkan pintu keluar.


Bersikap transparan

Pada tahun 90-an, Hastings memulai terapi pasangan untuk menyelamatkan pernikahannya. Dia mengatakan, pelajaran yang dia dapat dari pengalaman itu terbawa ke cara dia mendorong karyawan Netflix untuk mengekspresikan diri.

"Saya mulai mendorong semua orang untuk mengatakan dengan tepat apa yang sebenarnya mereka pikirkan, tetapi dengan niat yang positif," tulisnya.

Kepercayaan yang kita tunjukkan, pada saatnya, menghasilkan perasaan memiliki, komitmen, dan tanggung jawab. "Ketika Anda memberi karyawan tingkat rendah akses ke informasi yang umumnya disediakan untuk eksekutif tingkat tinggi, mereka akan menyelesaikan lebih banyak pekerjaan sendiri," tulisnya.


Bisikan kemenangan dan teriakkan kesalahan.

Hastings mengatakan penting bagi para pemimpin untuk berbicara dengan lembut dan rendah hati tentang kesuksesan mereka - atau "biarkan orang lain menyebutkannya untuk Anda"

" Mengapa? Kerendahan hati penting dalam seorang pemimpin dan panutan," tulisnya.

Di sisi lain, saat kamu melakukan kesalahan, dia mendorong karyawan Netflix untuk memberitahukannya dengan jelas. "Agar semua orang bisa belajar dari kesalahanmu."


Memimpin dengan konteks.

Mengajari karyawan "berpikir di luar kotak" merupakan klise bisnis. Tetapi, bagaimana kamu benar-benar mendorong pemikiran dan ide orisinal?

Hastings yakin satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan memberikan konteks kepada karyawan Anda, bukan perintah khusus. "Jangan beri tahu karyawan Anda apa yang harus dilakukan dan beri mereka kotak centang," tulisnya.

"Beri mereka konteks untuk bermimpi besar, inspirasi untuk berpikir secara berbeda, dan ruang untuk membuat kesalahan di sepanjang jalan."


Jalani bisnis kamu seperti tim, bukan keluarga.

Hastings mengatakan untuk meninggalkan pembicaraan "Kita adalah keluarga" di lingkungan pekerjaan.

Misalnya, dalam keluarga sungguhan, orang tua enggak mungkin memecat anak mereka atau mempekerjakan seseorang karena mereka paling cocok untuk pekerjaan itu. Lebih baik, buat perusahaan kamu sebagai tim yang mencoba memenangkan kejuaraan.

"Kami menginginkan pemain terbaik di setiap posisi," tulis Hastings.

Seperti tim mana pun yang bersaing di level tertinggi, para pekerja membentuk hubungan yang dalam dan peduli satu sama lain. Menghilangkan dinamika keluarga juga membuatnya kurang personal dan lebih profesional.

"Jangan berusaha menyenangkan atasan Anda," dia menyimpulkan. "Berusahalah melakukan yang terbaik untuk perusahaan."