Mudah dan Simple, Buka Usaha Kaktus Hias Aja! Begini Tipsnya

Cactus - Canva

Cactus - Canva

Like

Melalui buku Historia general y natural de las Indias yang diterbitkan tahun 1535, Hernandez de Oviedo y Valdez menggambarkan sebuah tanaman berduri dan berbuah unik. 

Berdasarkan penelitian Edward Anderson berjudul The Cactus Family, tanaman berduri itu diberi nama “Kaktus” oleh Botaniawan asal Swedia, Carl Linnaeus. “Kaktus” sendiri diambil dari bahasa Yunani, yakni kaktos dan memiliki arti tanaman liar berduri.

Identik dengan sahara atau padang pasir dan muncul di film cowboy, kaktus juga bisa jadi peluang cuan yang asyik nih, Be-emers! Soalnya, kaktus kini telah menjelma menjadi tanaman hias di pekarangan rumah.

Baca Juga; Hal Ini Bisa Jadi Peluang Usaha Buat Si Penyuka Tanaman
 

Keunggulan Kaktus

Meskipun berduri, tapi perawatan dan budidaya kaktus ini sangat mudah dan enggak ribet lho.

Menurut pemilik usaha Adjie Kaktus bernama Darmadji, dikutip dari Bisnis, untuk perawatan kaktus, kamu tinggal meletakkannya di bawah terik sinar matahari dan disiram satu minggu sekali saja!


Medianya juga enggak repot kayak tanaman lain kok. Kamu cukup menggunakan pasir, sekam, dan pupuk kandang dengan komposisi 1:1:1.

Selain itu, kamu enggak butuh lahan yang luas buat menanam atau membudidaya kaktus untuk usaha kamu. Bahkan, Darmadji mengaku kalau ia hanya butuh lahan berukuran 25 m2 untuk membudidayakan 2.000 hingga 5.000 kaktus dagangannya!

Caranya, kamu bisa membuat rak-rak bertingkat buat menaruh pot kaktus kamu. Jadi, kamu pun lebih efisien dalam melakukan usaha tanaman hias ini.

Baca Juga: 4 Tanaman Receh Penghemat Uang dan Penyelamat Perut saat Pandemi

Nah, dengan segala keunggulannya ini, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan juga nih kalau mau punya usaha budidaya kaktus hias.
 

Jaga Kondisi Kaktus

Meski kaktus dinilai lebih mudah untuk dirawat, tapi sebagai pelaku usaha, kamu juga harus memperhatikan dengan seksama kondisi kaktus-kaktus kesayangan kamu itu. Jangan sampai, kaktus tersebut dalam keadaan buruk ketika dibeli oleh pelanggan.

Dalam budidaya kaktus hias, kamu juga perlu memperhatikan sejumlah aspek seperti:
Menjaga suhu ruangan
  • Pemupukan
  • Pemberian air
  • Enggak boleh kena air hujan secara langsung.
 

Buat Diferensiasi Produk

Menurut pemilik Erik Kaktus, Erik Ariyanto, pengusaha kaktus hias juga harus tetap waspada dan enggak boleh berhenti berkreasi! Apalagi, sekarang lagi tren penghijauan dan kaktus yang kerap jadi produk souvenir serta hiasan estetik untuk materi Instagram para milenial.

Untuk itu, enggak ada salahnya untuk kamu buat diferensiasi produk dan tampilan yang lebih menarik. Bagi Erik, pengusaha seharusnya terus bereksperimen untuk menghasilkan souvenir dan produk yang menarik dari kaktus dan jenis tanaman lain.

Baca Juga: Antara Petani Modal dan Kapitalis