Pilih Emas Batangan atau Perhiasan? Mana yang Lebih Cuan?

Golds _ Canva

Golds _ Canva

Like

Sebagai aset safe haven alias minim risiko, emas memang bisa diandalkan sebagai investasi, bahkan di saat masa-masa sulit sekalipun!

Dibanding menabung uang, mengalokasikan dana untuk investasi emas tentu lebih cuan karena enggak tergerus inflasi. Harganya pun cenderung akan naik setiap tahunnya.

Nah, ada dua jenis emas nih yang paling umum untuk dijadikan investasi, yakni emas batangan dan perhiasan. Terus, kira-kira mana ya yang lebih cuan?

Dilansir dari laman Bisnis, ini perbandingan emas perhiasan dan batangan.
 

Emas Perhiasan

Selain sebagai aset investasi, pastinya emas perhiasan bisa berfungsi sebagai penunjang penampilan.

Bahkan, menurut General Manager The Palace Jeweler Jelita Setifa, banyak konsumen perhiasan yang menyadari bahwa, secara enggak langsung, mereka telah melakukan investasi gaya hidup (lifestyle investment).


Selain itu, investasi emas perhiasan juga bisa langsung digadai atau dijual ke toko perhiasan terdekat. Selain itu, harga jualnya (buyback) pun cenderung stabil.

Meski begitu, emas dalam bentuk perhiasan lebih berisiko untuk mengalami kerusakan jika tidak disimpan dengan baik. Enggak cuma itu, terdapat biaya potongan dari ongkos pembuatan, yang ketika dijual kembali, biaya tersebut enggak dihitung.

Selisih harga jual dan belinya juga lebih besar dibanding emas batangan. Soalnya, emas perhiasan bisa “dinikmati” untuk kebutuhan lain seperti aksesoris, hingga mahar.

Adapun, ketika kamu ingin membeli emas perhiasan, Jelita menilai untuk sebaiknya perhatikan terlebih dahulu sejumlah hal seperti:
  • Pastikan membeli emas dengan kadar yang tepat dengan model klasik
  • Beli emas di toko yang dipercaya dan reputasinya baik
  • Jangan  terpaku pada harga yang lebih murah, karena kadar emas di dalamnya berbeda.
  • Pilih yang sudah punya SNI

Baca Juga: Artis Cut Meyriska Jual Perhiasan Emas, Cek Dulu Kelebihan & Kekurangannya
 

Emas Batangan

Berbeda dengan emas perhiasan, emas batangan hanya bisa disimpan saja. Biasanya, emas batangan disimpan di sebuah safe deposit box agar lebih aman.

Namun, hal itu justru membuat selisih antara harga beli dan jual emas batangan lebih kecil. Selain itu, emas batangan juga enggak mudah rusak.

Adapun, emas batangan juga bisa dicicil atau ditabung serta dibeli secara digital lho! Kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Pegadaian atau platform digital seperti Tokopedia.

Terakhir, emas batangan merupakan emas 24 karat alias emas murni. Sedangkan emas perhiasan kadar emasnya berbeda-beda, tergantung bentuk dan harga.

Baca Juga: Selain Emas Fisik, Tabungan Emas Digital Bisa Jadi Pilihan Investasi Milenial