Mengobati Asam Lambung (GERD) Tiba-tiba? Ini Caranya!

Mengobati asam lambung (Sumber: Pixabay.com)

Mengobati asam lambung (Sumber: Pixabay.com)

Like

Pencernaan makanan memang memiliki sistem yang unik, seperti adanya aliran balik dari asam di lambung. Kondisi ini tergolong normal, sehingga tidak perlu khawatir saat refluks terjadi karena bukan termasuk penyakit.

Menurut Bisnis.com, GERD atau asam lambung ini bisa menimbulkan penyakit yang serius bahkan sampai berpengaruh kepada paru-paru. Untuk itu, jangan menyepelekan penyakit yang dianggap biasa ini. 

Akan tetapi, saat terjadi terus menerus makan diindikasikan otot cincin lambung tidak lagi berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, harus dilakukan langkah mencegah asam lambung naik lagi mulai dari kebiasaan hingga asupan makanan. Yuk, cek di bawah ini!


Makan Lebih Teratur

Refluks asam di lambung sering kali disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur. Oleh sebab itu, jam makan yang kamu miliki harus dibuat teratur dan sama setiap harinya. Hindari makan di luar kebiasaan agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Selain itu, disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan berat dua jam sebelum tidur. Kondisi ini menyebabkan makanan tidak bisa dicerna dengan baik, sehingga dapat memicu asam di lambung naik ke tenggorokan di tengah lelapnya tidur.


Hindari Ngemil di Antara Waktu Makan

Makan makanan ringan di sela sela waktu makan memang terasa menyenangkan, terutama saat kumpul dengan teman. Namun, mencegah asam lambung naik ke tenggorokan harus diawali dengan mengurangi kebiasaan tersebut.


Kebiasaan tersebut menyebabkan lambung sulit mencerna makanan yang masuk. Makanan dalam jumlah besar ini akan membutuhkan waktu lama hingga tercerna dengan baik. Dengan begitu, tubuh atau sistem pencernaan kamu tidak pernah istirahat.


Perhatikan Porsi Makan

Anggapan makan dalam porsi besar membuat sistem pencernaan aman ini salah besar. Pasalnya, porsi besar ini justru akan menyebabkan adanya refluks dan membuat perut tidak nyaman. Oleh sebab itu, kamu harus mengubah kebiasaan tersebut.

Aturlah makan dalam porsi kecil agar asupan yang masuk ke dalam tubuh lebih mudah dicerna. Begitu pula saat terasa lapar, kamu bisa mengatasinya dengan mengatur jadwal makan lebih sering dalam porsi yang kecil.


Mengunyah Makanan dengan Benar

Tampaknya sangat sepele dan banyak orang yang mengabaikan peraturan satu ini. Akan tetapi, cara satu ini sangat penting agar asam di lambung tidak naik. Mengunyah dengan baik jadi cara mencegah asam lambung naik karena pencernaan tidak bekerja terlalu berat.

Proses mengunyah yang baik ini dibantu oleh beberapa enzim penting di dalam mulut. Setelah itu, disalurkan ke sistem pencernaan lain agar proses penyerapannya lebih mudah. Kebiasaan ini bisa mengatasi atau mengurangi gejala GERD yang dialami.
 

Hindari Minum Terlalu Banyak Saat Makan

Proses mencerna atau mengunyah makanan dibantu oleh sederet enzim penting, baik di mulut maupun lambung. Kinerjanya akan semakin optimal saat tidak ada cairan berlebih yang masuk ke dalam tubuh.

Oleh sebab itu, hindari minum air terlalu banyak di tengah makan. Kebiasaan ini dapat mencairkan asam di lambung. Dengan begitu, kinerjanya pun melemah dan makanan yang masuk kurang bisa dicerna dengan baik.


Pilihan Makanan yang Tepat

Bagi penderita GERD, kamu harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. pastikan memilih bahan makanan yang tepat, seperti buah dan sayur agar sistem pencernaan dapat bekerja dengan baik.

Untuk menghindari atau mencegah asam lambung naik, kamu bisa memilih pisang, oatmeal, sayuran hijau, daging tanpa lemak, atau putih telur. Bahan bahan tersebut sangat aman untuk otot cincin lambung yang sudah tidak bekerja secara optimal.

Kondisi refluks asam di lambung memang sangat biasa, tetapi beberapa orang memiliki otot cincin lambung yang telah menurun kinerjanya. Oleh sebab itu, harus diimbangi dengan kebiasaan dan asupan makanan yang tepat agar asam di lambung tidak naik. 

Baca juga: Makanan Mengandung Protein Bisa Buat Kamu Fit!