Cara Menghilangkan Ngantuk saat Kerja

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja (Sumber: Pixabay.com)

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja (Sumber: Pixabay.com)

Like

Salah satu hal yang tidak bisa dibeli oleh uang, yaitu waktu luang untuk tidur siang. Seiring berjalannya waktu, setiap orang akan kehilangan waktu waktu terbaik ini. Hingga tubuh pun merasa kelelahan dan selalu kurang tidur karena padatnya aktivitas.

Tidak jarang, merasa ngantuk di kantor, sehingga cara menghilangkan ngantuk saat kerja ini sangat penting diketahui. Rasa kantuk menyebabkan kinerja kurang optimal, sehingga hasil yang diperoleh pun kurang memuaskan. Yuk, intip caranya di bawah ini!


Minum Kopi

Minuman ini salah satu doping yang dibutuhkan saat anda merasa mengantuk karena ada kandungan kafein di dalamnya. Kafein dipercaya mampu memberikan energi lebih pada tubuh yang lelah atau diserang rasa kantuk luar biasa. 

Tidak heran, setelah minum minuman pekat ini merasa lebih fokus dan kemampuan berpikir lebih meningkat. Hal in disebabkan oleh sifat kafein sebagai simultan yang bisa mendorong aktivitas otak dan sistem saraf pusat. Dengan begitu, kinerja anda jadi lebih baik.

Simak juga: Ternyata Kopi Adalah Bisnis yang Sangat Menguntungkan!


Tidur Siang Sebentar

Mengembalikan tenaga di siang hari memang bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya tidur siang sejenak. Anda bisa mengambil waktu istirahat untuk tidur selama kurang lebih 15 hingga 30 menit.
Cara menghilangkan ngantuk saat kerja ini dinilai cukup efektif.


Telah terbukti, banyak orang yang mendapat energinya kembali setelah tidur siang. Aktivitas ini sering disebut power nap yang sesuai namanya sangat ampuh memberikan power ke tubuh. Pekerjaan yang harus diselesaikan pun dapat dikerjakan tepat waktu.


Tidak Duduk Terlalu Lama

Rasa kantuk yang tidak tertahankan sering kali disebabkan anda kurang bergerak selama bekerja. Duduk terlalu lama di posisi dan tempat yang sama selama beberapa waktu akan membuat anda mudah mengantuk dan bosan.

Hal ini sudah jadi rutinitas para pekerja, sehingga tidak heran rasa kantuk sering menyerang. Solusi tepat yang dapat anda lakukan, yaitu berjalan sesekali agar peredaran darah lebih lancar. Lakukan peregangan kecil agar tubuh kembali segar dan rasa kantuk hilang.


Tidak Menyantap Makan Siang Terlalu Berat

Penuhi gizi seimbang sangat perlu diperhatikan agar anda tidak kekurangan nutrisi. Tubuh yang kurang nutrisi mudah terserang penyakit dan mudah mengantuk saat ada di kantor. Tidak hanya itu, sering kali juga dikarenakan terlalu banyak makanan berat di siang hari.

cara menghilangkan ngantuk saat kerja ini cukup hindari asupan makanan berat saat jam makan siang. Gantilah asupan anda dengan banyak makan sayur dan buah. Hindari pula santapan dalam porsi besar agar tubuh bisa mencernanya dengan baik.


Membuat Ruang Kerja Tetap Terang

Ruang kerja yang redup memang sangat nyaman dan membuat mata tidak mudah lelah. Terutama bagi para karyawan yang berkutat dengan laptop atau computer, ruang seperti ini terasa lebih nyaman. Dampaknya, anda juga mudah merasa mengantuk.

Oleh sebab itu, pastikan ruangan selalu terbuka lebar dan biarkan sinar matahari masuk ke dalam ruang kerja. Sinar matahari mampu memberikan sirkulasi yang baik dan bisa meningkatkan fokus anda. Dengan begitu, rasa kantuk tidak mudah menyerang anda.


Mendengarkan Musik yang Ceria

Setiap orang memiliki sistem bekerja yang berbeda beda, seperti lebih fokus saat alunan music terdengar atau justru lebih fokus saat sunyi senyap. Akan tetapi, ruangan yang sunyi juga berpotensi menciptakan rasa kantuk.

Anda bisa mengatasinya dengan cara menghilangkan ngantuk saat kerja satu ini. Dengarkan lagu ceria dan bertempo cepat agar mengusir kantuk anda. Musik bertempo cepat ini dipercaya dapat “membangunkan” otak.

Bekerja di ruangan yang tetap sering kali membuat para karyawan jenuh dan lelah. Tidak heran, rasa kantuk di siang hari jadi kendala yang cukup besar. Anda dapat mengatasinya dengan enam cara mudah yang bisa dimulai dari diri sendiri. 

Baca juga: 17 Pelajaran Hidup dari Drakor It's Okay to Not Be Okay!