Apa itu Relaksasi dan Bisakah Dilakukan di Rumah?

Relaksasi adalah (Sumber: Pixabay.com)

Relaksasi adalah (Sumber: Pixabay.com)

Like

Kondisi stres yang berlebihan bisa berdampak pada kesehatan yang semakin memburuk. Tak hanya itu, stres yang dialami oleh seseorang juga bisa berakibat pada penurunan produktivitas.

Menurut Bisnis.com jika kita tidak rileks saat melakukan berbagai aktivitas kita. Maka, kita akan sering menderita kecemasan kronis yang bisa berujung pada depresi. 

Mengingat efek negatif dari kondisi ini, sehingga kamu perlu mengatasinya dengan baik. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengelola stres, salah satunya dengan Relaksasi.

Relaksasi adalah teknik yang dilakukan untuk mengurangi ketegangan maupun kecemasan. Sebenarnya, relaksasi juga dapat dilakukan di rumah seperti cara berikut ini. 


Melakukan Meditasi

Melakukan relaksasi di rumah bisa dilakukan dengan mudah dengan meditasi. Persiapan untuk melakukan relaksasi ini juga tidak rumit, karena kamu hanya memerlukan tempat yang tenang.

Cara melakukan relaksasi ini juga sangat mudah dan bisa diterapkan oleh pemula sekalipun. Langkah pertama yaitu dengan duduk di atas lantai sambil melipat kedua kaki kamu.


Setelah itu, pejamkan mata kamu dan tenangkan diri serta hilangkan berbagai pikiran yang bisa menambah beban pikiran kamu. Akan lebih baik jika kamu melakukannya dengan suasana yang lebih sejuk dan asri.

Berdasarkan sebuah penelitian, meditasi bisa memberikan efek yang sangat baik terhadap hantaran saraf otak jika dilakukan selama lima menit setiap hari. Bisa dikatakan jika relaksasi adalah cara yang efektif untuk mengelola stres.


Melatih Pernapasan

Selain meditasi, kamu juga bisa mencoba melakukan latihan pernapasan untuk mengatasi stress. Berdasarkan beberapa sumber, relaksasi dengan menarik napas dalam dalam secara perlahan bisa mengurangi stres.

Langkah pertama untuk melakukan relaksasi ini yaitu dengan mengatur posisi tubuh agar lebih nyaman. Selanjutnya, tarik napas dalam dalam melalui hidung, kemudian dikeluarkan lewat mulut.

Saat menghirup udara, pastikan kamu mengembungkan perut, dan mengoperasikannya ketika sedang mengeluarkan udara. Terapkan langkah ini dengan memejamkan mata agar kamu lebih tenang.

Bayangkan jika kamu sedang udara yang bersih masuk dan memenuhi paru paru kamu. Lakukan cara mengatasi stress ini sampai kamu merasa benar benar tenang dan rileks.


Mendengarkan Musik Favorit

Mendengarkan musik ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi stress yang kamu alami. kamu bisa memilih jenis musik yang disukai untuk memberikan efek relaksasi pada pikiran.

Sebagaimana diketahui jika pengertian dari relaksasi adalah untuk kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi stres. kamu juga bisa memutar musik yang bisa meningkatkan semangat kamu.

Dalam sebuah penelitian mengatakan jika musik mampu mengurangi kecemasan serta memperbaiki suasana hati. Tak hanya itu, musik juga dapat mengurangi tekanan darah serta memperlambat detak jantung.

Menariknya lagi, mendengarkan musik juga bisa dilakukan bersamaan dengan kegiatan relaksasi yang lain. kamu pun bisa melakukannya sembari membaca buku atau dengan meditasi.


Melakukan Yoga

Yoga merupakan salah satu teknik relaksasi yang dilakukan dengan mengkombinasikan pernapasan berirama dengan gerakan gerakan tertentu. kamu bisa melakukan yoga untuk mengatasi stres yang kamu alami.

Gerakan yang dilakukan saat  yoga difokuskan untuk menghilangkan pikiran yang mengganggu.  Tak hanya itu, teknik satu ini juga dapat meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan.

Dengan melakukan gerakan yoga secara rutin, maka stres kamu bisa dihilangkan serta menjadikan diri lebih tenang dan bahagia. Mengingat relaksasi adalah salah satu teknik yang digunakan untuk manajemen stres.

Jadi sebenarnya relaksasi tidak membutuhkan biaya yang mahal, karena kamu juga bisa melakukannya sendiri. Selain kegiatan di atas, kamu juga bisa menerapkan cara lain seperti tertawa lepas atau bercerita dengan orang terdekat.

kamu juga perlu menghindari hal hal yang bisa menyebabkan stres kamu semakin meningkat. Oleh karena itu, pastikan kamu mengetahui penyebab rasa stres yang saat ini sedang kamu alami.

Sebenarnya stres merupakan hal yang wajar dan bisa dialami oleh setiap orang. Namun, dengan melakukan teknik relaksasi maka kamu bisa mengelolanya menjadi stres yang positif. 

Simak juga: Find Your ZEN! Tips Work Life Balance untuk Hidup Lebih Seimbang