Mau Punya Asuransi sekaligus Berinvestasi? Cermati Dulu Hal Ini

Insurance - Canva

Insurance - Canva

Like

Memiliki asuransi itu memang penting banget untuk memproteksi diri dari segala kemungkinan yang ada. Lebih dari itu, melalui asuransi, kamu pun bisa sekaligus berinvestasi.

Namun, kamu rupanya harus lebih bijak dalam memilih, ketika ingin berinvestasi melalui produk asuransi nih, Be-emers. Soalnya, perlu kamu ingat, produk asuransi itu dipilih berdasarkan tujuan dan kebutuhan perlindungan jiwa serta kesehatan.

Terdapat banyak produk asuransi yang bisa kamu pilih. Misalnya, asuransi jiwa seperti asuransi jiwa tradisional, asuransi jiwa unit link, asuransi kesehatan, hingga asuransi kecelakaan.
 

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Bagi Pengamat Asuransi Irvan Rahardjo, dikutip dari laman Bisnis, banyak yang masih khawatir ketika ingin punya asuransi. Hal itu sebenarnya dipengaruhi sama literasi asuransi yang masih rendah.

Menurutnya, ada baiknya masyarakat bisa membedakan kebutuhannya dan menyesuaikan dengan produk asuransi yang dibutuhkan.

Misalnya, kalau kamu butuh produk proteksi, kamu bisa beli asuransi yang menawarkan proteksi. Sedangkan untuk investasi, kamu pun bisa membeli produk asuransi investasi, seperti unit link.


Baca Juga: Dinilai Lebih Unggul, Apa Itu Asuransi Unit Link?

 

Asuransi Unit Link

Produk asuransi ini memang bisa dijadikan investasi. Di satu sisi, menurut Direktur Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia Togar Pasaribu, asuransi unit link kerap kali dikeluhkan karena unsur investasi yang ada dalam produk ini berbanding lurus dengan yang terjadi di pasar modal.

Bukan enggak mungkin, hasil investasi produk unit link bisa ikut turun ketika bursa sedang bearish. namun, keluhan tersebut bisa muncul karena nasabah cuma melihat unit link dalam jangka pendek.

Di sisi lain, menurut Irvan, meski kinerja investasi sangat dipengaruhi oleh kondisi pergerakan pasar modal, produk unit link dinilai akan terus memberikan proteksi kepada nasabah kok.

Jadi, tetap mau coba asuransi sekaligus berinvestasi atau hanya sekedar proteksi? Pikir matang-matang dulu ya!