Bakal Kelola Tambang Bekas Freeport, Antam Berpotensi Cuan?

Mine Illustration  - Canva

Mine Illustration - Canva

Like

Pada Selasa (22/9) lalu, Kementerian BUMN menyatakan bahwa pihaknya ingin PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. menggarap tambang bekas PT Freeport Indonesia nih, Be-emers!

Waw! Adapun, tambang tersebut sekarang sudah jadi milik negara.

Makanya, Menteri BUMN Erick Thohir pun menilai kalau pengelolaan tambang bekas Freeport tersebut bisa dimanfaatkan Antam untuk dikelola sebagai penambang emas, bukan lagi sekedar jadi perantara.

Hmm.. kira-kira hal itu bakal bikin Antam cuan enggak ya?

Seperti yang diketahui, di kuartal I/2020, perusahaan tambang berkode saham ANTM itu rugi hingga Rp281 miliar lho. Sedangkan di semester pertama tahun 2020, laba bersih Antam anjlok hingga 80,1 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.


Di sisi lain, seiring dengan adanya kabar pengelolaan tambang eks Freeport, pihak Antam optimis hal itu bisa memperkuat portofolio komoditas emas miliknya.

Menurut SVP Corporate Secretary Antam Kunto Hendrapawoko, dikutip dari laman Bisnis, kesempatan ini bisa jadi prospek yang baik buat Antam.

Meski begitu, hingga saat ini, belum ada rencana pasti dari Antam jika pada akhirnya tambang tersebut resmi dikelola. Hingga saat ini, Antam diketahui masih aktif melakukan eksplorasi di wilayah IUP (Izin Usaha Pertambangan) miliknya.

Langkah itu dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kesinambungan jumlah sumber daya dan cadangan mineral yang dimiliki, dengan mengedepankan operasi sesuai dengan prinsip-prinsip penambangan yang baik.

Sementara itu, pihaknya juga menyebutkan kalau kapasitas produksi dari tambang emas Antam ada di kisaran 2 ton per tahun.

Jika dilihat dari pergerakan sahamnya, sejak adanya rencana tersebut, saham ANTM sempat menguat hingga 2,04 persen ke level 750 pada penutupan perdagangan bursa pada Rabu (23/9) lalu lho!

Sayangnya, hal itu justru berbanding terbalik di perdagangan bursa hari ini (24/9). Saham ANTM justru harus anjlok hingga 4 persen ke level 720.

Waduh, kita nantikan aja deh kabar selanjutnya seperti apa dari perkembangan pengelolaan eks lahan tambang Freeport ini.

Baca Juga: Kenapa Harga Emas Batangan di Butik Emas Antam dan Pegadaian Berbeda?