Resesi Jangan Jadi Alasan, Kamu Bisa Menabung dengan Cara Ini

Money - Canva

Money - Canva

Like

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menabung. At least, kamu jadi bisa punya amunisi untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi, salah satunya saat terjadi resesi.

Apalagi, di tengah pandemi kayak sekarang, tabungan jadi hal yang cukup penting untuk dimiliki. Meskipun, mungkin kamu lagi dihadapi sederet tekanan seperti pemotongan gaji, hingga omset usaha yang menurun, jangan sampai jadi alasan kamu enggak punya tabungan ya!

Nah, biar kamu tetap bisa menabung di tengah resesi, dikutip dari laman Bisnis, ada trik yang bisa kamu coba nih dari pakar Keuangan AS Dave Ramsey.

Baca Juga: Heboh Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III/2020 Minus, Yuk Kenali Dulu Apa Itu Resesi
 

Jadikan Prioritas

Menurut Dave, menabung baru bisa dilakukan jika Anda menjadikan tabungan sebagai prioritas.

CEO Ramsey Solution itu pun menilai, orang hanya mulai menabung ketika mereka mempelajari kebiasaan uang yang sehat dan teratur. Misalnya, dengan menjalani hidup dengan anggaran bulanan tertulis dan berpikir bahwa kebutuhan masa depan mereka menjadi lebih penting daripada keinginan.

 

Tinggalkan Utang

Selain itu, hal yang berpengaruh adalah dengan meninggalkan kebiasaan berutang. Soalnya, pembayaran utang bulanan adalah penguras uang terbesar yang bisa menahan kamu untuk menabung.

Banyak utang, bisa bikin pendapatan kamu cepat habis. Selain itu, lebih baik merencanakan kebutuhan kamu setiap minggu/bulan demi menghindari konsumsi yang belebihan.

Selain itu, ada sejumlah ide menabung yang asyik nih dari Dave:
  1. Salah satu cara termudah untuk menghemat uang adalah setop membeli barang bermerk mahal.
  2. Lewati kedai kopi, dan buat kopi di rumah.
  3. Bawa makan siang Anda ke kantor, dan sarapan dan makan malam di rumah.
  4. Periksa biaya asuransi. Disini Anda bisa lihat apakah benefit yang Anda dapatkan sesuai dengan yang dibayarkan.
  5. Saat membeli, bayar tunai dan tanyakan tentang diskon. Anda tidak akan pernah tahu sampai Anda bertanya, dan Anda harus selalu bertanya.
  6. Rapikan rumah, garasi, ruang bawah tanah, atau loteng Anda. Singkirkan hal-hal yang tidak Anda butuhkan dan rela Anda lepaskan demi masa depan finansial Anda.
  7. Kurangi tagihan ponsel Anda dengan menyingkirkan fasilitas tambahan, atau kurangi konsumsi kebiasaan memantau media sosial belasan jam yang bisa menguras kantong Anda.
  8. Jika tujuan Anda adalah untuk menghemat uang, liburan adalah hal terburuk yang dapat Anda lakukan. Menemukan kesenangan di dekat rumah akan menghemat ratusan atau bahkan jutaan rupiah.
  9. Dalam hal menabung, hati-hati membelanjakan uang Anda karena bisa jadi lebih besar daripada berapa banyak yang Anda hasilkan!

???????Baca Juga: Jangan Takut, Begini Cara Kelola Uang di Tengah Bayangan Resesi