Anxiety Disorder Adalah Penyakit Mental, Bukan Penghalang Sukses!

Anxiety disorder adalah (Sumber: Pixabay.com)

Anxiety disorder adalah (Sumber: Pixabay.com)

Like

Anxiety disorder adalah penyakit mental yang saat ini fenomenanya banyak terjadi dikalangan anak muda. Namun, kamu bisa mulai mengelola kecemasanmu, yuk simak caranya!

Pernahkah Anda mendengar seseorang menyebutkan kata anxiety? Sebenarnya anxiety disorder adalah kondisi dimana penderitanya mengalami rasa takut ataupun khawatir tanpa ada alasan yang kuat. 

Rasa takutnya dapat muncul kapan saja yang membuat penderita mengalami fisik yang terlalu lelah, hingga dapat mengganggu kesehatan mentalnya apabila tidak mendapatkan penanganan tepat dan segera. 

Menurut Tirto.id, kecemasan ini bisa diatasi awali dengan mengubah pola pikir penderita yang membuatnya menderita. Kenali apa masalah yang menyebabkan penderita begitu trauma. Lalu, berusaha untuk berteman dengan emosi yang dimiliki. Tentu saja, kita wajib memiliki solusi jika suatu masalah datang. 

Hal yang wajib diingat adalah walaupun tengah mengalami anxiety, bukan berarti menjadi penghambat untuk mencapai kesuksesan yang selama ini diharapkan. Setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala kecemasan, berikut ulasannya. 


Tips Mengurangi Gejala Kecemasan Berlebih Untuk Menggapai Kesuksesan



1. Menarik Nafas Dalam

Serangan kecemasan mendadak datang tanpa diundang ? Jangan panik ataupun larut dalam emosi tersebut, dan mulailah untuk mengambil nafas selama kurang lebih 5 detik dan tahan selama 5 detik sebelum akhirnya dihembuskan perlahan. 

Sebab bernafas sendiri diklaim mampu menghadirkan rasa rileks sekaligus mengurangi rasa cemas berlebih. Lakukan aktifitas tersebut selama berulang ulang hingga nafas teratur dan rasa cemas mereda, mengingat anxiety disorder adalah mereka yang secara mendadak takut tanpa sebab. 


2. Menghindari Konsumsi Alkohol maupun Kafein 

Sebagian orang masih beranggapan bahwa alkohol dan kafein merupakan pelarian terbaik yang bisa mereka lakukan, walaupun telah mengetahui betul akan resiko besar di kemudian hari. Kebiasaan ini buruk diteruskan walaupun alkohol sendiri mampu hadirkan kesan rileks.

Sayangnya kondisi tersebut hanya berlaku dalam jangka pendek semata dan sifatnya tidak permanen, karena permasalahan tersebut akan terus menghantui jika memang tidak diselesaikan. Bahkan konsumsi alkohol berlebih dapat menghadirkan rasa cemas lebih berat. 

Siapa sangka jika mengkonsumsi cokelat, kopi, ataupun teh juga dapat memperburuk kondisi kecemasan seseorang. Sebab ketika produk tersebut mengandung kafein yang dapat meningkatkan rasa gelisah atau bahkan berkonsentrasi pada penderita anxiety.

Tentu saja hal ini sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita kecemasan berlebih, mengingat anxiety disorder adalah mereka yang secara mendadak mengalami rasa takut maupun cemas bahkan tanpa diketahui sebabnya dengan pasti. 


3. Pusatkan Pikiran Pada Aktifitas yang Sedang Dijalani

Menyadari rasa cepas mulai menghantui pikiran hingga mengganggu konsentrasi ? Menyadari hal tersebut terjadi kembali, mulailah berfokus pada tugas yang sedang Anda kerjakan saat ini tanpa memikirkan hal yang lain di luar tugas tersebut. 

Contohnya saja ketika Anda sedang mencuci pakaian namun secara mendadak mendapatkan telephon untuk bergabung makan bersama sahabat. Jika memang tertarik untuk bergabung dengan mereka, maka lakukan tanpa merasa khawatir mengenai hal yang belum tentu terjadi setelahnya.   


4. Bercerita Kepada Orang Terpercaya 

Menceritakan apa yang Anda rasakan atau biasa disebut curhat, siapa sangka bisa menjadi obat alami untuk menghilangkan rasa cemas. Hal ini hanya bisa dilakukan bersama dengan kerabat maupun keluarga terdekat, karena merekalah yang akan siap memberikan dorongan agar lebih bersemangat. 

Anda juga bisa mendapatkan semangat dengan mencari support group yang memiliki keluhan serupa untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan tips bagaimana cara mengatasinya. Sebab anxiety disorder adalah mereka yang membutuhkan orang lain dan memahami betul kondisi dirinya. 

Sebenarnya gangguan kecemasan bisa terjadi kepada siapa saja dan kapan saja, dimana bentuknya sendiri cukup beragam. Hadir dengan karakteristik berbeda pada setiap orang, oleh karenanya perlu ditangani oleh orang yang profesional di bidangnya.

Selain mengunjungi dokter psikoterapi serta mengkonsumsi obat obatan, setidaknya ada beberapa cara sederhana lainnya yang dapat menunjang kesembuhan dari rasa cemas berlebih. Mulai dari menarik nafas dalam hingga memusatkan pikiran bisa menjadi solusinya.  

Nah ini dia tips mengurangi gejalanya. Jika kamu menemukan pekerjaanmu atau rutinitasmu yang membuatmu tidak bisa tenang. Maka, temukan solusi untuk membuat timeline yang teratur. Sehingga, kamu bisa semakin tenang menghadapi pekerjaanmu. Selamat mencoba, ya!

Baca juga: Cara Menghilangkan Stres dan Anxiety Karena Pekerjaan