Sulit Atur Keuangan? Ini Cara Menentukan Prioritas

Priority - Canva

Priority - Canva

Like

Dalam menentukan rencana keuangan, seringkali kita merasa bingung mana yang perlu diprioritaskan. Apalagi di situasi seperti pandemi Covid-19, yang tentunya butuh proteksi kesehatan dan dana darurat, sedangkan pemasukan juga mulai terancam goyah.

Menurut Perencana Keuangan dari OneShildt Financial Planning Budi Raharjo, dikutip dari Bisnis, setiap orang yang sudah berpenghasilan, kini perlu banget menghitung dan mengelola uangnya dengan lebih bijak.

Adapun, pandemi Covid-19 ini juga menuntut kita untuk mulai menyusun prioritas dalam keuangan. Nah, mana saja sih yang harus diprioritaskan?

Baca Juga: Asuransi vs Investasi, Mana yang Diprioritaskan?
 

Utamakan Hal Pokok

Ketika kamu membuat susunan prioritas dalam rencana keuangan, kamu harus utamakan pengeluaran untuk hal pokok ketimbang hal yang diinginkan.

Selain itu, untuk kamu yang sudah berkeluarga, kamu pun harus merinci kemampuan pembayaran cicilan dan nilai aset yang dimiliki saat ini. Soalnya, dari situ, kamu bisa lihat keuangan kamu masih positif atau enggak.


Selain itu, saat ini sejumlah kebutuhan pokok juga harus mengalami penyesuaian dari keadaan normal seperti dulu. Misalnya, pandemi ini jadi membuat kamu membutuhkan jaringan internet untuk work from home dan vitamin untuk menjaga imunitas.

Sementara itu, kebutuhan untuk transportasi yang biasanya kamu gunakan, justru bisa kamu alihkan untuk kebutuhan pokok lainnya. Budi menilai, selain menyusun alokasi dan substitusi anggaran, kamu juga bisa melakukan restrukturisasi bebas pengeluaran.
 

Ubah Gaya Hidup

Gaya hidup adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prioritas dalam keuangan kamu nih, Be-emers. Kalau kamu lebih cenderung mengikuti gaya hidup, bisa jadi, kamu akan lebih memprioritaskan untuk beli gadget terbaru ketimbang punya asuransi kesehatan.

Makanya, menurut Budi, biar kondisi keuangan kamu terjaga, ada baiknya kamu juga perlu mengubah gaya hidup jadi lebih hemat! Misalnya, kamu baru akan membeli barang branded kalau sudah ada diskon atau promosi lainnya.

Hal ini juga dilakukan untuk menghindari pembengkakan biaya di bulan-bulan selanjutnya nih, Be-emers.
 

Punya Dana Darurat

Ini adalah salah satu hal yang penting banget untuk kamu prioritaskan! Apalagi di situasi pandemi seperti saat ini, segala kemungkinan terburuk bisa saja terjadi pada diri kamu atau keluargamu.

Saat kondisi kritis, dana darurat akan sangat membantu kamu. Kamu pun bisa menaruh dana darurat kamu ke sejumlah instrumen seperti asuransi, tabungan, dan deposito.

Selain itu, enggak ada salahnya juga untuk punya pemasukan tambahan. Dengan begitu, kamu jadi punya “amunisi” lain untuk menghadapi segala kemungkinan finansial ke depannya.

Baca Juga: Cara Efektif dan Aman Kelola Keuangan, Dijamin Cuan!