Tumbuh Subur di Indonesia, Yuk Cari Peluang dari Akar Wangi

Herbal - Canva

Herbal - Canva

Like

Kamu pernah dengar tentang tanaman akar wangi, Be-emers?

Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan akar wangi. Namun, ternyata akar wangi ini sudah terkenal di berbagai negara lho.

Dikutip dari laman 99.co, akar wangi punya sejumlah manfaat, antara lain:
  • Meningkatkan kinerja otak
  • Meredakan kecemasan
  • Mengusir serangga
  • Mengatasi depresi
  • Mencegah penuaan dini

Uniknya nih, minyak atsiri hasil penyulingan akar wangi cuma bisa tumbuh subur di tiga negara, yakni Indonesia, Jamaika, dan Haiti.

Soalnya, tanaman yang masih satu keluarga sama padi dan serai ini bisa tumbuh di lokasi lain, tapi akarnya menjadi enggak bisa wangi.

Nah, dilansir dari Bisnis, ini peluang cuan yang bisa kamu dapat dari akar wangi.


Baca Juga: Peluang Transformasi Jamu Jadi Minuman Kekinian
 

Untuk Obat Herbal dan Wewangian

Sesuai namanya, akar wangi memang punya aroma yang khas. Makanya, minyak dari tanaman ini sering banget dijadikan biang parfum dan aroma terapi.

Selain itu, akar wangi juga umumnya digunakan untuk obat herbal seperti obat rematik, penghilang bau mulut, bahkan untuk obat sakit gigi, Semuanya itu bahkan sering kali diekspor ke pasar luar negeri.
 

Kerajinan Tangan

Lebih dari itu, ternyata akar wangi juga bisa dijadikan bahan untuk produk kerajinan tangan lho. Bahkan, kerajinan tangan dari akar wangi terus diburu pasar, baik di dalam negeri maupun konsumen asing.

Soalnya, selain unik, kerajinan dari akar wangi disukai karena bisa terus mengeluarkan aroma harum selama bertahun-tahun. Wuih, keren banget ya!

Beberapa produk kerajinan tangan yang bisa kamu buat dari akar wangi antara lain tas, taplak meja, kotak tisu, hingga baki hantaran. 

Baca Juga: 4 Tanaman Receh Penghemat Uang dan Penyelamat Perut saat Pandemi