Cara Menjawab Wawancara Kerja untuk Fresh Graduate

Cara menjawab wawancara kerja untuk fresh graduate (Sumber: Pixabay.com)

Cara menjawab wawancara kerja untuk fresh graduate (Sumber: Pixabay.com)

Like

Cara menjawab wawancara kerja untuk fresh graduate memang tidak mudah. Biasanya frash graduate selalu merasa dirinya kurang mampu bersaing.

Nah, karena setiap tahunnya setiap univerisitas maupun sekolah kejuruan mencetak berbagai profesional. Jadi, kamu wajib nih memiliki kemampuan yang penting. 

Saat pandemi ini memang tingkat pengangguran melonjak, menurut Tirto.id ketidak siapan Indonesia dalam menghadpi lonjakan pengangguran ini disebabkan salah satunya karena berbagai investasi yang masuk ke Indonesia tidak banyak menyerap tenaga kerja.

Meskipun demikian, meskipun kamu seorang fresh graduate jangan merasa kecil. Pastikan saat kamu mendapatkan tawaran wawancara, kamu menjawab dengan jawaban terbaikmu. Yuk, simak cara menjawab wawancara kerja untuk fresh graduate. 


Menceritakan Diri Sendiri

Pertanyaan pertama ini cukup klasik dan biasa ditanyakan kepada setiap pelamar, baik fresh graduate maupun kandidat berpengalaman. Pada tahap ini, recruiter sengaja bertanya agar kamu rileks saat wawancara dan bisa menceritakan diri sendiri dengan baik.

kamu akan memperoleh pertanyaan pertama yang sederhana, tetapi justru sangat penting untuk melihat karakter. Jawaban yang kamu utarakan akan jadi acuan untuk pertanyaan selanjutnya, serta sikap yang akan diambil pewawancara ke depannya.


Oleh sebab itu, coba ceritakan latar belakang pendidikan, alasan memilih pendidikan yang kamu geluti, dan aktivitas kamu selama ini. Ceritakan pula pekerjaan yang kamu minati sebagai cara menjawab wawancara kerja untuk fresh graduate beserta alasannya.

Hindari untuk memakai kata yang tidak efektif saat memaparkan perjalanan yang telah kamu lalui. Selain itu, tidak perlu berlebihan saat menjelaskan tentang diri dengan berusaha bertutur lucu atau mengatakan hal hal yang tidak relevan dengan bidang pekerjaan itu.


Menceritakan Rencana Karir

Setiap orang tentu memiliki rencana karir masa depan, sehingga dapat membentuk kamu jadi pribadi yang lebih baik. kamu bisa memaparkan goals yang telah atau sedang disusun. Pada tahap ini, pewawancara dapat melihat tingkat ambisiusitas yang dimiliki kandidat.

Tips yang dapat kamu lakukan, yaitu jelaskan rencana ke depan agar dapat mencapai hasil yang optimal. Usahakan menjawab secara sederhana dan relevan dengan pekerjaan yang sedang kamu lamar agar para recruiter tertarik dengan profil kamu. 

Baca juga: Telapak Tangan Berkeringat, Nervous Berlebih? Ini Tipsnya!


Bagaimana Melihat Diri Sendiri Beberapa Waktu ke Depan

Poin ini jadi suatu hal yang penting karena karyawan baru jadi investasi masa depan yang baik untuk perusahaan. kamu perlu menjelaskan keseriusan di bidang serta perusahaan itu sebagai salah satu cara menjawab wawancara kerja untuk fresh graduate.

Tunjukkan keseriusan, ambisi, tujuan, dan masa depan karier bersama perusahaan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memberikan target waktu hingga bisa berkembang dan mencapai posisi yang diinginkan. Dengan begitu, pewawancara tertarik untuk merekrut kamu.


Bekerja dalam Tim

Tidak ada orang yang dapat bekerja sendirian, karena beberapa kondisi mengharuskan kamu untuk bekerja dalam tim. Oleh sebab itu, pertanyaan klasik yang sering kali dilemparkan kepada para kandidat yaitu pola kerja yang dapat kamu lakukan.

Paparkan bahwa kamu dapat bekerja secara tim atau individu, bergantung pada situasi dan tugas yang diberikan. Tidak lupa, berikan contoh positif yang menunjukkan kinerja kamu dalam tim atau individu di beberapa waktu sebelumnya seperti organisasi dan lain lain.


Alasan Mempekerjakan Kamu

Berilah alasan kuat di depan pewawancara bahwa kamu layak bergabung sebagai karyawan di perusahaan tersebut. Lebih dulu carilah profil perusahaan agar dapat menjelaskan bahwa kamu adalah calon aset terbaik yang dapat membawa perusahaan lebih berprestasi.

Selain itu, jelaskan kontribusi yang dapat kamu berikan sebagai salah satu cara menjawab wawancara kerja untuk fresh graduate. Hindari memaparkan bahwa kamu butuh uang, sehingga membutuhkan pekerjaan satu ini.

Lulusan baru telah dibekali dengan skill yang beragam, sehingga bisa ditempatkan di berbagai lowongan yang tersedia. Pada saat lolos hingga tahap wawancara, kamu harus tahu 5 pertanyaan yang wajib dijawab secara tepat dan efisien terutama untuk lulusan baru. 

Baca juga: Cara Menjadi Diri Sendiri Di Dunia yang Kompetitif, Yuk Rehat Sebentar