Kemenkominfo Bakal Perketat Akses WiFi Luar Ruangan Lho!

WiFi - Canva

WiFi - Canva

Like

Siapa yang suka internetan pakai WiFi umum?

Siap-siap ya, soalnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bakal memperketat penyelenggaraan WiFi untuk akses internet di ruang terbuka nih, Be-emers.

Berdasarkan info di laman Bisnis, menurut Kasubdit Penataan Alokasi Spektrum Dinas Tetap dan Bergerak Darat (DTBD) Kemenkominfo Adis Alifiawan, pengaturan WiFi nantinya akan tercantum dalam revisi Peraturan Menteri Kominfo No.1/2019 tentang Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio Berdasarkan Izin Kelas,

Selain itu, pihak Kemenkominfo juga bakal menambahkan mekanisme registrasi perangkat dalam peraturan tersebut. Jadi, nantinya orang enggak terlalu mudah buat pasang langsung terhubung ke perangkat.

Kok gitu sih?


Soalnya, hal ini dilakukan agar standar kualitas WiFi juga bisa terjaga. Dengan kata lain, enggak ada lagi yang gampang pakai netcut! Hihi

Enggak cuma itu, Kemenkominfo juga akan memperketat penggelaran jaringan WiFi, Sehingga, pertumbuhan internet tanpa kabel bisa terpantau dan kualitas layanan terjaga. 

Adapun, kebijakan mengenai registrasi nantinya juga bakal dikenakan kepada perangkat IoT.

Jadi, para pelaku IoT harus terdaftar pada sistem komunikasi data (Siskomdat) agar frekuensi gratis yang diberikan oleh pemerintah di frekuensi 920 MHz – 923 MHz, dapat digunakan dengan penuh tanggung jawab.

Hal itu dilakukan untuk mengurangi frekuensi mereka pada rentang frekuensi 5,6 GHz yang digunakan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika untuk radar cuaca. Ibaratnya nih, kalau menurut Adis, kamu cuma pindah dari jalur ramai ke jalur busway yang lebih sepi.

Untuk itu, pihaknya pun menghimbau penyelenggara WiFi umum untuk melakukan pemberitahuan WiFi luar ruangan yang mereka miliki ke pemerintah. 

Bukan tanpa sebab, hal itu bertujuan agar Kemenkominfo dapat mengetahui letak pemancar WiFi operator jasa internet, sehingga dapat mengurangi benturan antara frekuensi WiFi dengan frekuensi radar cuaca.

Baca Juga: Siap Belajar dari Rumah (PJJ), Siapkan Juga Jaringan Internet Terbaikmu!