Reksa Dana Syariah Bisa Jadi Opsi Menarik untuk Investasi Kamu Nih

Investment - Freepik

Investment - Freepik

Like

Selain reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, hingga reksa dana campuran, kamu pernah coba atau tahu tentang reksa dana syariah belum nih, Be-emers?

Berdasarkan POJK. No 19/POJK.04/2015, reksa dana yang masuk kategori syariah yakni apabila akad, cara pengelolaan, dan portofolionya enggak bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal.

Selain itu, terdapat pula proses cleansing nih dalam reksa dana syariah. Dalam reksa dana syariah, pembagian cuan antara investor dan manajer investasi itu ditentukan berdasarkan proporsi, bukan dari suku bunga kayak reksa dana konvensional.

Berbasis syariah, reksa dana ini dinilai bisa jadi pilihan yang menarik buat investasi kamu lho, Be-emers. Bahkan, buat kamu yang mau coba diversifikasi aset ke luar negeri, reksa dana syariah bisa kamu pilih nih.

Baca JugaMengenal Reksa Dana Syariah, Apakah Lebih Aman?


Menurut Kepala Makroekonomi dan Direktur Strategi Investasi PT Bahana TCW Investment Management Budi Hikmat, dilansir dari Bisnis, di tengah situasi menyongsong resesi, langkah yang bisa dilakukan yakni dengan mencegah mudarat atau kerugian lebih lanjut dibanding memetik manfaat.

Untuk itu, kamu perlu juga untuk bisa melihat pasar secara keseluruhan. Salah satunya, kamu bisa melakukan fundamental analisis yang bahkan memungkinkan untuk investasi di luar negeri.

Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan reksa dana syariah yang punya portofolio saham teknologi global. Pasalnya, reksa dana syariah global memang memiliki keluwesan aturan untuk berinvestasi di saham offshore.

Berdasarkan info di laman Citibank, reksa dana syariah berbasis efek luar negeri merupakan investasi syariah yang bisa dilakukan minimal 51 persen dari nilai Aktiva Bersih Reksadana Syariah pada produk investasi syariah yang dimuat dalam Daftar Efek Syariah.

Meski begitu, jenis reksa dana ini memang cenderung lebih cocok untuk kamu yang punya toleransi terhadap produk investasi dengan tingkat risiko yang relatif tinggi dan punya tujuan investasi jangka panjang.

Adapun, dikutip dari Bareksa, ada sejumlah keunggulan dari reksa dana syariah nih, antara lain:
  • Dijamin halal. Jadi, kamu bisa berinvestasi dengan rasa aman.
  • Berpedoman sama hukum dalam syariat Islam, ketentuan reksa dana syariah pun dinilai jelas. Hal ini bisa berguna untuk menghindarkan fitnah kepada masing-masing pihak selama investasi berlangsung.
  • Enggak ada riba, gharar, dan maisyir serta praktik yang diharamkan lainnya

Baca JugaYuk, Simak Tips Sebelum Investasi di Saham Syariah