Biar Enggak Ditolak, UKM Perlu Simak Hal Ini Sebelum Ajukan Pinjaman

Credit - Freepik

Credit - Freepik

Dalam menjalani usaha, memang kadang enggak semudah yang dibayangkan. Bahkan, ada kalanya, kamu membutuhkan pinjaman untuk membuat operasional usaha kamu bisa berjalan dengan baik.

Pinjaman untuk usaha tentunya bisa didapatkan dari banyak pihak, Kamu bisa mendapatkan dari orang terdekat, atau bahkan dari bank.

Namun, untuk mengajukan pinjaman ke sebuah instansi, prosesnya juga enggak gampang. Soalnya, pihak seperti bank tentunya akan mengajukan sejumlah syarat dan ketentuan yang sangat ketat.

Kalau usaha kamu enggak bisa memenuhi hal tersebut, besar kemungkinan pengajuan pinjaman atau kredit kamu akan ditolak.

Nah makanya, sebelum kamu mengajukan pinjaman untuk usaha, dilansir dari laman Bisnis, ini hal-hal yang perlu kamu perhatikan.

Baca Juga: Ini Alasan dan Cara Mahasiswa Lakukan Pinjaman Online, Kamu Salah Satunya?
 

Introspeksi Dulu

Coba deh, kamu pikir-pikir lagi, kira-kira kamu memang butuh dana pinjaman enggak sih?

Soalnya, kalau kamu berutang untuk hal yang enggak perlu, kamu bisa “bunuh diri”. jadi, coba perhatikan hal-hal yang sekiranya memang dibutuhkan oleh usaha kamu.

Caranya, kamu bisa lihat anggaran usaha. Kalau ada alternatif lain selain pinjaman dari bank, kamu sebaiknya pilih hal itu.

Misalnya, kamu bisa melakukan pemotongan atau mengatur ulang dana untuk menutupi biaya. bahkan, kamu juga bisa menjual mobil perusahaan ketimbang harus melakukan pembayaran bunga jutaan rupiah.
 

Buat Rencana

kalau kamu memang butuh banget pinjaman untuk usaha, selanjutnya, kamu bisa buat rencana terlebih dahulu. Pikirkan matang-matang, kira-kira dana pinjaman yang akan kamu dapatkan itu akan dipakai untuk hal apa saja.

Soalnya, hal itu juga bakal ditanyakan sama pihak bank atau instansi yang akan memberikan pinjaman. Di satu sisi, rencana ini juga bakal membuat bisnis kamu jadi lebih terarah.
 

Ketahui Apa yang Dicari Bank

Ketika pihak bank setuju untuk kasih pinjaman, biasanya bank melihat faktor yang berbeda nih. Makanya, kalau kamu bisa cari tahu fokus yang mereka cari, hal itu bisa membuat kamu cuan saat melakukan promosi.

Adapun, pihak bank akan mengecek hal-hal terkait perusahaan kamu, seperti:
Keuangan perusahaan
Memperhitungkan riwayat kredit perusahaan Anda dan pengeluaran keseluruhan

Ingat, pemberi pinjaman juga mau berinvestasi di perusahaan yang menjanjikan. jadi, kamu perlu menunjukkan kepada pemberi pinjaman kalau kamu punya apa yang diperlukan untuk berhasil dan bisa mengenali konsekuensi dari kegagalan.
 

Memahami Prosesnya

penting juga untuk kamu memahami proses pinjaman. Hal ini bisa bikin kamu cuan juga lho.

Soalnya, semakin kamu sering terlibat sama bank, semakin gampang juga kalian bekerja sama dengan baik. Makanya, jangan pernah sekalipun mengecewakan pihak pemberi pinjaman ya!

Baca Juga: Selain Pinjaman Bank, Ini Cara Alternatif Dapat Modal untuk Usaha Kecilmu