Saham Melonjak, Bank Permata (BNLI) Siap Naik Kasta?

Bullish - Freepik

Bullish - Freepik

Like

Wuih, saham Bank Permata lagi meroket terus nih, Be-emers. Hingga penutupan perdagangan bursa hari ini (8/10), sahamnya berhasil meroket 16,18 persen lho.

Bahkan, hal itu juga terjadi sejak penutupan perdagangan Rabu (7/10), dimana saham emiten berkode saham BNLI ini sudah berhasil naik hingga 15,25 persen!

Pergerakan saham BNLI yang terus bullish ini terjadi seiring kesiapan Bank Permata untuk jadi Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) IV alias bank kasta atas.

Hal ini tentunya dipicu oleh integrasi dengan cabang Bangkok Bank Public Company Limited di Indonesia.

Baca Juga: Laba BRI Syariah (BRIS) Makin Meroket Lebih dari 100 Persen! Gimana Prospeknya Ya?


Menurut manajemen Bank Permata, yang dikutip dari laman Bisnis, integrasi tersebut bakal semakin meningkatkan kemampuan Bank Hasil Integrasi untuk melakukan penghimpunan dana dan mengoptimalisasikan jaringan cabang yang baru.

Selain itu, dengan adanya dukungan penuh dari pemegang saham pengendali, bank hasil integrasi bakal punya struktur permodalan modal yang lebih kuat dan bisa memenuhi kualifikasi sebagai bank kasta atas.
 

Kinerja BNLI dan Dukungan Bangkok Bank

Sementara itu, jika dilihat dari kinerjanya, BNLI berhasil membukukan laba bersih mencapai Rp620 miliar. Sedangkan total asetnya, di akhir tahun 2019, tercatat mencapai Rp33,14 triliun.

Setelah integrasi, BNLI bakal punya aset Rp190,21 triliun per tahun ini. Ekuitas pun akan langsung mencapai Rp35,85 triliun dan langsung menjadi anggota baru BUKU IV.

Adapun, bank hasil integrasi akan punya  cakupan luas, yakni dari sisi layanan perbankan retail, UKM, korporasi dan konglomerasi.

Selain itu, nasabah juga bakal bisa mengakses pendanaan rupiah yang lebih luas untuk kegiatan usaha domestik dan menghubungkannya kepada jaringan nasabah asing dari Bangkok Bank.

Sebagai pengendali, bank asal Negeri Gajah Putih itu pun akan membantu mengembangkan kemampuan teknis para staf Bank Hasil lntegrasi, terutama yang terkait dengan pembiayaan UKM dan supply chain.

Siap naik kasta, kira-kira BNLI bakal siap bersaing juga enggak nih sama para bank besar lain kayak BNI, BRI, BCA, dan Bank Mandiri?

Baca Juga: Enggak Akan Awasi Bank di Tahun 2023, Apa Saja Fokus OJK Selanjutnya?