Cegah Virus Hanya dengan Face Shield, Sudah Cukup?

sumber; freepik.com

sumber; freepik.com

Pencegahan diri agar terhindar dari virus corona menjadi kewajiban bagi diri kita sendiri. Sering sekali kita menjumpai penggalakan pemakaian masker ketika sedang berada di ruang publik.

Selain memakai masker, juga dijumpai banyak yang memakai pelindung diri selain masker, yaitu face shield. Banyak yang memilih face shield karena merasa lebih mudah untuk bernapas dibandingkan ketika memakai masker.

Tapi apakah face shield sama ampuhnya seperti masker untuk mencegah paparan virus corona? Nah, tentu saja kita harus ketahui dahulu lebih dalam seberapa efektifnya face shield untuk melindungi diri sendiri.

Dilansir dari honestdocs, face shield awal mulanya sering dipakai tim medis untuk operasi. Tujuannya agar tidak terkena percikan seperti darah, pecahan tulang, atau cairan tubuh pasien lainnya. Bahannya yang terbuat dari plastik bening dengan bentuk cembung menutupi wajah, tentu sangat efektif untuk melindungi wajah dari terpaparnya berbagai cairan.

Semenjak pandemi mewabah, face shield mulai menjadi pilihan masyarakat. Face shield yang dianjurkan dipakai untuk mencegah masuknya virus yaitu yang menutupi dari area bawah dahi hingga dagu.

Menurut Cleveland Clinic, face shield tersebut termasuk yang ideal karena bisa melindungi mata, hidung, dan mulut yang memiliki potensi besar masuknya virus corona ke dalam tubuh.

Uji coba keefektifan face shield juga telah dilakukan oleh para ahli pada suatu penelitian dalam Journal of Occupational and Environmental Hygiene tahun 2014. Uji coba dilakukan dengan menyemprotkan virus influenza ke arah face shield sejauh 45 sentimeter.

Hasil pun menunjukkan dengan face shield bisa menurunkan resiko hingga 96 persen setelah terkena batuk.

Baca Juga: Tetangga Kamu Tertular Covid-19? Ini yang Harus & Jangan Kamu Lakukan

Namun, bagaimana juga face shield tidak cukup bisa melindungi diri dari terpaparnya virus corona. Seperti yang diungkapkan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto melalui Bisnis.com bahwa penularan virus corona kini bisa terjadi melalui udara, apalagi pada ruangan yang sirkulasi udaranya tidak bagus.

Selain itu, face shield dinilai tidak terlalu efektif karena masih ada area terbuka dari wajah. Jarak face shield dengan wajah dan juga masih ada bagian bawah dagu yang terbuka menjadi peluang yang besar tertular virus.

Nah, agar pemakaian face shield bisa tetap efektif, ada beberapa cara bagaimana memakai face shield agar tetap bisa melindungi diri secara maksimal.

1. Pakailah face shield yang mampu menutupi dahi hingga dagu, jadi jangan ada celah antara dahi dengan bagian depan face shield.
2. Penting tetap memakai masker agar semakin menurungkan tingkat penularan virus.
3. Selalu bersihkan face shield setelah digunakan dengan dicuci atau di lap memakai cairan antiseptik.
4. Ganti dengan face shield yang baru jika ada permukaan yang retak atau rusak.

Face shield memang bisa menurunkan resiko tertularnya virus. Namun, tetap menggunakan masker lebih baik lagi karena resiko tertularnya jika hanya menggunakan face shield masih tidak terlalu efektif. Dan jangan lupa, selalu cuci tangan dan jaga jarak agar semakin terhindar dari tertularnya virus.

Baca Juga: Masuk PSBB Transisi, Simak Yuk Cara Hadiri Acara saat Pandemi