Berikut Ide Bisnis dari Kue Tradisional Indonesia

Kue Tradisional Indonesia (Sumber: Pixabay.com)

Kue Tradisional Indonesia (Sumber: Pixabay.com)

Like

Kue tradisional Indonesia memang kaya akan rasa dan varian. Indonesia memang tidak hanya kaya akan keindahan alamnya saja, Indonesia  juga terkenal dengan jajanan tradisional yang beraneka ragam dan lezat. Kekayaan budaya membuat negeri ini memiliki kuliner yang berlimpah dan tentunya cita rasanya yang khas.

Menurut Bisnis.com camilan tradisional juga merupakan salah satu warisan budaya dari leluhur yang wajib dilestarikan karena keunikannya. Maka dari itu, kue tradisional Indonesia juga sampai terkenal sampai ke penjuru dunia. 

Banyak sekarang pengusaha yang memulai bisnis dengan kuliner tradisional Indonesia . Mulai dari yang gampang dibuat hingga yang membutuhkan teknik khusus untuk memasaknya. Jika kamu ingin mengembangkan bisnis jajanan tradisional, yuk simak variasi  kue untuk usaha.


Bisnis Kue Onde-Onde 

Ide usaha yang bisa kamu coba pertama adalah onde-onde. Perpaduan rasa manis dari isian kacang didalamnya, gurih dan asin kulitnya yang pas pada camilan ini, membuat banyaknya peminat pada jajanan bulat ini. 

Terbuat dari adonan tepung ketan yang dibalut wijen, dan dalamnya diisi dengan pasta kacang hijau. Ada juga variasi yang menggunakan tepung terigu yang dengan diberi warna pada permukaannya. Hal ini juga akan membuat keragaman pada ide bisnis  yang akan kamu kembangkan. 

Kue tradisional Indonesia bertekstur kenyal ini bisa dibuat dengan bahan baku minimal karena berbahan dasar tepung ketan. Selain itu, kacang hijau juga dapat mudah ditemukan di toko maupun pasar terdekat. Meskipun tradisional, jajanan ini bisa menghasilkan nilai jual  yang tinggi.



Bisnis Kue Lumpur 

Siapa  yang tak kenal dengan kue lumpur. Panganan yang satu ini adalah salah satu jajanan tradisional yang dijual hingga di pusat perbelanjaan modern sekalipun. Kepopulerannya tidak pernah lekang oleh waktu karena rasa manis dan kenyal dari dalam kue lumpur.

Terbuat dari santan, kentang, telur, dan tepung terigu, membuat cita rasa khas gurih dan manis terpadu menjadi satu. Sebagai penambah rasa dan penampilan, topping kismis diatasnya mempercantik kue ini. 

Karena banyak sekali peminat dari kue yang cantik ini, kamu bisa  menjadikan kue lumpur sebagai salah satu ide usaha yang dikembangkan. Mengingat bahan baku dan membuatnya pun sangat mudah, omset yang dihasilkan akan tinggi. 

Baca juga: Mengatur Cashflow untuk Memulai Bisnis Roti yang Sukses


Bisnis Kue Klepon

Camilan tradisional ini sudah banyak disajikan di kebanyakan restoran dan cafe papan atas sebagai  pelengkap minum teh dan kopi. Bahkan hotel berbintang lima sekalipun membuat  kue tradisional Indonesia klepon menjadi salah satu signature dari menu restorannya. 

Bentuknya bulat dengan tekstur yang kenyal, dan taburan kelapa parut serta gula jawa cair membuat ledakan rasa manis yang memenuhi mulut kamu saat menggigitnya. Kue ini sangat pas untuk ide usaha karena kelezatan yang tidak ada hentinya di setiap gigitan.


Bisnis Kue Cucur

Kue Cucur memang memiliki penampilan yang biasa saja. Namun jangan salah, rasa yang khas dari kue ini sangat nikmat. Sekilas  terlihat seperti kue panekuk yang terlalu gelap dan matang dengan warna kecoklatan. 

Meskipun begitu, rasa  manis  yang berasal dari gula merah dan gurih yang berasal dari air kelapa membuat kue ini tak lekang oleh waktu. Sehingga sangat cocok sekali untuk menjual kue ini sebagai bisnis.


Bisnis Kue Getuk 

Banyak jenis kue tradisional Indonesia Getuk yang tersedia di pasaran, mulai dari getuk lindri, getuk trio hingga getuk gulung. Bahan yang digunakannya pun juga sama yakni singkong yang dikukus dan dihaluskan dengan digulung atau di tumbuk.

Bahkan ada getuk yang dibuat seperti mi, yang dipotong-potong kotak ataupun dipadatkan sesuai dengan jenisnya. Kamu bisa menggunakan ide usaha ini sebagai referensi, mengingat bahan bakunya minim dan banyak yang menggemari kue ini. 

Gimana, teman-teman ada muncul berbagai ide bisnis kah di benak kalian? Yuk, coba deh bisnis kue-kue tradisional ini. Bisa jadi sampingan kamu yang cukup lumayan nih untuk jajan kamu sehari-hari. Jadi uang tabungan tetap aman deh! 

Baca juga: 5 Bisnis untuk Mahasiswa Tidak Mahal dan Masuk Akal, Yuk Pilih!