Harga Kucing Persia Ada yang Mahal dan Murah, Kok Bisa?

Kucing Persia Harga (Sumber: Pixabay.com)

Kucing Persia Harga (Sumber: Pixabay.com)

Kucing persia harga dan kualitasnya memang berbanding lurus. Kucing persia ini dikenal sebagai salah satu kucing yang paling popular bagi para pencinta kucing adalah jenis Persia. Sesuai namanya, kucing ras Persia ini memang berasal dari negara Iran yang dulu dikenal dengan Persia. Kucing Persia harga umumnya bisa dibilang mahal lebih mahal dari jenis kucing lain.

Nah, menurut Bisnis.com sebetulnya yang membedakan harga kucing itu adalah apakah si penjualnya memiliki sertifikat yang menyatakan apakah kucing tersebut berasal dari ras yang asli atau campuran.

Biasa dikenal dengan istilah pedigree, terutama untuk kucing yang masih masuk dalam 10 silsilah keluarga dari ras murni (purebred). Kucing seperti ini biasanya memiliki harga yang bisa mencapai 5-15 jutaan.

Memiliki bulu yang panjang dan tebal, kucing Persia ini memiliki bentuk yang imut nan lucu. Karena hal inilah kucing Persia paling banyak dicari untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. 

Namun, perlu diketahui bahwa setiap jenis kucing Persia memiliki harga yang berbeda. Sebab, kucing jenis ini juga masih terbagi dalam beberapa jenis yang lainnya. Beriut penjelasan lengkapnya.


Kucing Persia Jenis Himalaya

Kucing Persia Himalaya ini adalah salah satu ras Persia domestik yang juga hasil dari persilangan ras Persia dan Siam. Kucing jenis ini memiliki karakteristik berupa warna berbeda di bagian muka, telinga, ekor, serta ujung kakinya yang berwarna hitam. 

Sedangkan bagian tubuh yang lainnya memiliki warna putih yang bersih. Dengan tampilan tersebut, kucing Persia ini terlihat sangat lucu dan menggemaskan. Terlebih dengan kaki kecilnya yang pendek.
Kucing Jenis Persia Himalaya ini memiliki sifat aktif dan tidak senang bermalasan seperti kucing lainnya.

Bila kamu tertarik dengan kucing Persia harga jenis ini, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp. 350.000 hingga Rp.1.500.000

Baca juga: Berbagai Manfaat Lari Pagi untuk Produktivitas


Kucing Persia Jenis Flatnose

Sesuai dengan namanya, kucing ini memiliki karakteristik hidung yang sangat datar. Namun, untuk ciri karakteristiknya hampir sama dengan jenis kucing Persia yang lainnya. Hanya bagian hidungnya yang terlihat lebih mencolok.

Terkadang kucing jenis ini sering kali memiliki wajah jutek dan menyebalkan, namun hal inilah yang menjadi alasan kucing flatnose memiliki nilai jual yang tinggi. Apabila kamu ingin memelihara, kucing ini dihargai mulai dari Rp. 600.000 hingga Rp. 2.000.000


Kucing Persia Jenis Peaknose

Jika sebelumnya ada kucing flatnose, ras Persia juga memiliki kucing dengan hidung pesek. Bisa dikatakan, kucing jenis ini merupakan kucing dengan kondisi hidung yang paling pesek di antara ras yang lainnya.

Tak hanya hidungnya yang kecil, kucing Persia ini juga memiliki mulut kecil dengan ekspresi wajah yang sangat menggemaskan. Namun, kucing ini terkadang juga memiliki ekspresi yang menyebalkan. 

Kucing Persia peaknose memiliki karakteristik yang sangat menggemaskan, untuk memilikinya kucing Persia harga dipatok dengan merogoh kocek sebesar Rp. 400.000 hingga Rp. 4.500.000 sesuai dengan usianya.


Kucing Persia Medium

Kucing persia medium merupakan kucing Persia yang paling umum di Indonesia. Selain memiliki karakteristik yang imut dan lucu, kucing Persia ini tidak terlalu gemuk dan memiliki bulu yang sangat tebal dan panjang. Inilah yang membuat kucing Persia medium banyak dicari.

Persia medium memiliki warna bulu yang beragam, dari cokelat, putih, hingga kelabu. Tak hanya itu, kucing Persia Medium juga memiliki ekspresi wajah yang cenderung menyebalkan. Namun ekspresi tersebut tidak selalu dikeluarkannya, tergantung dengan kondisi.

Meski dinilai menggemaskan, terkadang banyak orang yang menganggap kucing ini biasa saja. Hal ini dikarenakan, kucing dengan tampilan tersebut memang umum di Indonesia. Untuk harga kucing Persia medium ini dipatok kisaran harga Rp.500.000 hingga 2 jutaan, bahkan kucing Persia harganya bisa lebih tinggi.

Bagi para pencinta kucing, memiliki hewan peliharaan kucing berjenis Persia merupakan pilihan yang sangat tepat. Meski demikian, kucing haruslah dirawat dengan baik dan penuh kasih sayang. Hal ini dilakukan agar kucing selalu sehat dan lucu sepanjang waktu. 

Baca juga:  Gara-gara Among Us, Yuk Kenali Apa Itu Impostor Syndrome