Hati-hati, Ini Kesalahan Pengelolaan Keuangan yang Perlu Kamu Hindari

Like

 

Finance - Canva

Finance - Canva



Enggak Punya Prioritas

Buat kamu yang boros banget, kamu perlu sadar nih kalau pengeluaran yang berlebih bisa menjadi indikator dari seseorang yang telah kehilangan skala prioritas dalam memenuhi setiap kebutuhannya nih, Be-emers.

Pendapatan pun bakal cepat habis dengan membelanjakan barang atau jasa yang sebenarnya enggak penting-penting banget. Alhasil, timbul penyesalan setelah membeli produk yang ternyata bukan prioritas.
 

Kurang Komitmen

Komitmen di sini maksudnya adalah janji pada diri sendiri untuk mengelola keuangan. Soalnya, komitmen yang lemah bisa bikin seseorang gampang terpancing atau tergiur promo, iklan, dan kemegahan hidup.

Pada akhirnya, hal itu bisa menghabiskan pendapatan dengan pengeluaran yang berlebihan, dan enggak melihat kebutuhan primer yang menjadi skala prioritas.
 

Investasi: Hanya Jangka Pendek dan Ikut-Ikutan Teman

Jangan pikir mengelola keuangan itu hanya untuk jangka pendek semata ya, Be-emers! Kamu harus mengatur keuangan dengan mengedepankan masa depan juga nih.


Dengan kebiasaan menginvestasikan dalam jangka pendek, hal itu akan mengakibatkan seseorang terlena dan melalaikan jangka panjang yang menjadi ujung dari sebuah karir, kehidupan, dan pekerjaan.

Kalau kamu sudah mementingkan keuangan untuk jangka panjang, kamu akan mudah mengalokasikan investasi dalam jangka panjang atau jangka pendek.

Lebih dari itu, jangan sampai kamu melakukan investasi karena ikut-ikutan teman. Soalnya, ketika kamu memutuskan untuk berinvestasi, maka harus disertai dengan tujuan pribadi.

Kalau cuma ikut-ikutan teman tanpa disertai pengetahuan yang cukup dan tujuan yang jelas, investasi kamu bisa berisiko boncos lho!

Baca Juga: Aplikasi Ini Bisa Bantu Kamu yang Mau Curhat Masalah Keuangan Lho!