Hati-hati, Ini Kesalahan Pengelolaan Keuangan yang Perlu Kamu Hindari

Finance - Canva

Finance - Canva

Like

Apa yang pertama kali kamu lakukan ketika punya pendapatan sendiri?

Belanja adalah hal yang paling sering dilakukan ketika baru gajian. Kamu kayak gitu juga enggak nih, Be-emers?

Namun, kamu juga perlu sadar kalau sebaiknya pendapatan tersebut harus terlebih dahulu diatur dengan baik. Soalnya, ketika pengaturan uang kamu sudah baik, kamu bisa dikatakan sudah cerdas dalam mengelola keuangan.

Nah, biar kamu makin mahir mengelola duit, dilansir dari Harian Bisnis Indonesia, ini kesalahan yang perlu kamu hindari dalam pengelolaan keuangan.

Baca JugaHati-hati, Hindari Kesalahan Ini dalam Mengelola Keuangan di Usia 20an
 

Gaya Hidup Dinamis dan Tak Terkendali

Perlu kamu sadari nih, ternyata gaya hidup yang dinamis bisa mengakibatkan pengeluaran jadi enggak terkontrol lho!


Alhasil, hal itu bisa membuat kamu kekurangan uang hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok. Soalnya, pengelolaan keuangan yang enggak terkendali bisa memicu pengeluaran yang berlebihan, sehingga lalai untuk menabung untuk kebutuhan masa depan.
 

Lupa Tujuan & Enggak Mencatat Pengeluaran

Selain itu, kalau kamu enggak punya tujuan, bisa jadi kamu juga akan sulit dalam mengatur keuangan pribadi. Kenapa?

Lupa tujuan bisa menjadikan hidup kamu enggak terarah dan mudah terombangambing dengan lingkungan sekitarnya. Kamu jadi sering “salah fokus”, misalnya lebih sering membeli hal yang diinginkan daripada dibutuhkan.

Makanya, kamu harus punya rencana yang jelas dan terkonsep. Dengan begitu, kamu bisa mengatur dan menyusun berbagai keperluan yang harus dibeli sesuai dengan perencanaan. serta menjauhkan kamu dari penggunaan uang yang enggak terkontrol.

Selain itu, kalau kamu menyepelekan pencatatan keuangan, maka pemenuhan kebutuhan pun bakal enggak terkendali. Hal itu juga bisa membuat neraca pemasukan dan pengeluaran menjadi enggak seimbang.