Begini Resep untuk Pengelola Bisnis Masakan Padang

Resep makanan padang adalah kuliner tradisional legendaris untuk Indonesia. Yuk, simak menu terbaik dari masakan padang yang legendaris.

Resep makanan padang adalah kuliner tradisional legendaris untuk Indonesia. Yuk, simak menu terbaik dari masakan padang yang legendaris.

Like

Resep masakan Padang adalah salah satu kuliner khas di Indonesia yang digemari banyak orang. Tidak hanya di kota asalnya, masakan ini juga banyak ditemui di berbagai wilayah Indonesia. 

Hal ini menunjukkan betapa lezatnya cita rasa menu-menu yang tersedia di rumah makan masakan Padang.  Menu-menu yang biasanya disajikan, memang selalu memiliki ciri khasnya tersendiri.

Dengan banyaknya penggemar masakan ini, peluang untuk membuka bisnis rumah makan Padang sangat besar. Kamu juga bisa mencoba membuka warung Padang dengan menu favorit seperti ayam pop, rendang, dan sambal ijo.

Namun cara memasak memasak ala warung Padang, seringkali berbeda dengan cara memasak dari wilayah lain. Yuk intip resep masakan Padang favorit yang bisa kamu coba jual.


Rendang

Tidak usah diragukan lagi, kelezatan menu berbahan daging khas daerah yang memiliki Jam Gadang ini bahkan sudah diakui menjadi makanan terenak di dunia. Tak jarang pula, menu ini menjadi favorit banyak orang ketika menikmati masakan Padang.

Untuk membuat rendang daging, kamu perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Diantaranya, daging sapi yang sudah dipotong sesuai selera, dan bumbu-bumbu yang menjadi kunci utama dalam pembuatan rendang.


Kamu bisa mulai untuk menghaluskan cabai, bawang putih, kemiri, kunyit dan jahe dan memasaknya hingga bau langunya hilang. Setelah itu, masukkan daging dan santan kental ke dalam bumbu halus yang sudah dimasak.

Kamu bisa masak hingga seluruh bumbu dan santan meresap sempurna dan daging menjadi lunak. Resep masakan padang satu ini memang membutuhkan waktu yang lumayan lama dalam memasaknya agar rasa yang dihasilkan lebih lezat.

Baca juga: Tren UMKM Kuliner Go-Digital, Ini Protokol yang Dilakukan GoFood


Ayam Pop

Menu satu ini menjadi pilihan alternatif bagi penggemar menu rumah makan Padang yang tidak menyukai daging. Ayam pop bisa menjadi pilihan protein lainnya selain rendang. 

Bentuk ayam pop sebenarnya sangat menyerupai ayam goreng yang biasa dimasak di rumah. Namun, bumbu-bumbu yang digunakan sebelum menggoreng sangat berbeda.

Kamu harus menyiapkan bahan-bahan seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, lengkuas dan lainnya untuk dihaluskan. Kemudian, bumbu halus ini akan berfungsi sebagai bumbu ungkepan sebelum ayam digoreng.

Yang menjadi ciri khas dan menambah rasa lezat dari resep masakan Padang satu ini adalah penggunaan air kelapa untuk merebus ayam. Setelah proses ungkep dan perebusan, diamkan ayam selama setengah jam untuk kemudian digoreng dengan minyak panas.


Sambal Ijo

Bagi masyarakat Indonesia, sambal adalah salah satu makanan pendamping yang wajib ada setiap makan. Makan nasi tanpa sambal rasanya tidak akan seenak ketika kamu makan nasi ditambah sambal. 

Nasi Padang, selalu disajikan dengan makanan pendamping lauk seperti beberapa macam sayuran, kuah santan dan sambal. Namun, di menu masakan ini biasanya sambal yang digunakan adalah sambal ijo.

Untuk membuat sambal ijo, bahan-bahan yang diperlukan tidak jauh berbeda dengan sambal kebanyakan. Untuk membuat sambal yang sesuai dengan resep masakan Padang satu ini, diperlukan bahan utama seperti tomat, cabe dan rawit hijau. 

Kamu bisa mengukus cabe dan rawit hijau bersama bahan-bahan lainnya yang sudah dipotong hingga layu. Kemudian, ulek semua bahan dan tambahkan penyedap rasa lainnya.

Dapat diakui, masakan Padang memang salah satu kuliner kebanggaan Indonesia yang banyak digemari hingga luar negeri. Oleh karena itu, usaha masakan Padang memiliki prospek yang cukup bagus hingga dalam jangka waktu lama. 

Kamu bisa coba praktekkan beberapa resep masakan khas Padang yang banyak menjadi favorit. Menjadikannya sebagai usaha atau untuk konsumsi sendiri, menu masakan Padang akan tetap menjadi salah satu makanan lezat dari Indonesia. 

Baca juga: Bisnis Makanan Kekinian, Bisnis Catering Bisa Kamu Coba Nih!