Tren UMKM Kuliner Go-Digital, Ini Protokol yang Dilakukan GoFood

Delivery - Canva

Delivery - Canva

Like

Siapa yang suka pesan makanan secara online?

Sejak beberapa tahun terakhir, tren layanan pesan antar makanan begitu digemari. Terlebih saat pandemi Covid-19 terjadi, dimana setiap orang dihimbau untuk melakukan aktivitas #DiRumahAja, layanan pesan antar makanan pun banyak diandalkan.

Di sisi lain, sektor UMKM juga tengah dipacu untuk go-digital, menyesuaikan perkembangan zaman. Makanya, hal ini pun perlu perhatian khusus seperti adanya upaya edukasi dan penerapan protokol kebersihan dan keamanan makanan.

Dilansir dari Bisnis, ternyata hal itu sudah dilakukan oleh penyedia layanan pesan antar makanan online terbesar di Asia Tenggara, yakni GoFood.

Baca JugaWah, GoFood Jadi Layanan Terbaik di Dunia!


Layanan milik Gojek ini diketahui telah sejak awal telah menggandeng Pemerintah (BPOM) dan para mitra usaha kuliner untuk berkolaborasi dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan dalam memesan makanan lho.

Selain itu, di masa pandemi ini, pihaknya pun juga mendorong penerapan protokol J3K (Jaga Kebersihan, Jaga Kesehatan, dan Jaga Keamanan) dalam bentuk edukasi rutin untuk berbagai pihak, terutama mitra usahanya.

Para mitra juga diberikan arahan untuk menerapkan:
  • Kebersihan dan keamanan di berbagai lini sesuai pedoman BPOM
  • Distribusi aset digital keamanan makanan (kartu penanda suhu tubuh, selotip, pengaturan jarak antrian), dan
  • Pengembangan inovasi di aplikasi Gojek

Adapun, upaya tersebut dilakukan secara rutin ke para mitra usahanya nih, Be-emers. Pihak GoFood juga terus memastikan para mitra untuk mematuhi standar kebersihan dan kesehatan dan menjadikannya sebagai syarat mutlak dalam menjaga kepercayaan pelanggan.

Hal itu pun disambut baik sama Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) dan BPOM lho. Adapun, pihak POM sendiri memang sudah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk dengan kementerian terkait, asosiasi dan kelembagaan, penyedia layanan dan aplikasi online seperti GoFood, serta konsumen untuk semakin bijak berbelanja makanan online.

Baca JugaMenyambut New Normal dengan Bisnis Kuliner, Begini Cara Jadi Mitra GoFood dan GrabFood